Keren, Desa Wisata di Pujon Kidul Malang

Keren, Desa Wisata di Pujon Kidul Malang

SHNet, Malang –  Bila ke Malang, Jawa Timur, mampir ke Desa Wisata Pujon Kidul,Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Dimana Desa wisata ini banyak menyanjikan beranekaragam destinasi yang dapat dinikmati karena keindahan alamnya. Hawa dingin desa wisata Pujon Kidul ini, tidak kalah dengan desa-desa di Bali yang selalu indah dengan alamnya pokoknya keren abis.

Desa Wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur ini selalu bersolek untuk menarik wisatawan baik lokal maupun luar negeri, dengan menawarkan cafe sawah yang tersebar di area persawahan semi organic yang dikelola oleh warganya. Desa wisata Pujon Kidul ini, lokasinya terletak di sisi barat melewati Kota Batu. Bila dari Malang, hanya dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan untuk sampai di desa wisata Pujon Kidul ini.

Desa wisata yang dikelola oleh warganya ini luasnya  sekitar 7.600 meter persegi dengan dikelilingi oleh perbukitan yang menjadikan desa ini sangat sejuk dengan hamparan swah warga yang hijau dengan hamparan yang luas dapat membuat mata menjadi teduh, dari situlah dibuat  cafe sawah namun juga menyajikan  berbagai kegjatan agar masyarakat datang melihat dari dekat indahnya desa wisata yang terletak di pinggiran kota Malang, Jawa Timur ini. Kegiatan desa wisata Pujon Kidul ini salah satunya adalah, memetik sayur, outbound, belajar  membuat biogas, mengolah susu dan beternak.

Dengan pemandangan Gunung Dorowati yang menjadi latar belakang dari adanya cafe sawah di desa wisata Pujon Kidul, adalah andalan utama dari desa wisata ini. Dimana sesuai dengan namanya cafe sawah, lokasi ini disekitar sawah padi dengan hawa yang sangat dingin-dingin sejuk. Cafe ini buka setiap hari dengan jam buka mukai pukul 08.00 -17.00 Wib untuk hari Senin hingga Jumat. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu buka dari pukul 08.00 – 21.00 Wib.

Jangan takut untuk makan di cafe sawah, yang tersiri beberapa saung dan gazebo teraebar di Desa Wisata Pujon Kidul ini, karena cafe sawah ini mematok harga yang sesuai dengan kantok turis lokal untuk makan dan minum. Untuk diketahui, setiap orang dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5000 dan tiket masuk ini dapat diganti dengan biaya makan.

 

Penuh Dengan Bunga

Memasuki desa wisata Pujon Kidul, mata kuta akan tertuju dengan banyaknya bunga bunga nan indah yang ada sejak kita masuk ke desa wisata hingga dilingkungan desa wisata tersebut. Indahnya bunga  yang menjadikan desa wisata ini semakin cantik. Namun, kecantikan bunya ini, masyarakat yang datang dilarang untuk memetiknya.

Tidak hanya bunga nan indah disepanjang  cafe sawah yang ada disekitar desa wisata ini, namun wisatawan yang datang juga disuguhkan dengan adanya saung dan gazebo yang letaknya tepat berada di kolam ikan yang luasnya kaya suangai dengan suara aliran air yang begitu merdunya dengan pemandangan hijau serta warna warni bunya yang indah.

Pokoknya, turis lokal dan turis asing di desa wisata Pujon Kidul ini tidak hanya menikmati makanan yang suoer duper murah ini dan indahnya bunga-bunga warna warni saja. Bila sudah bosen dengan menikmati semuanya, masyarakat yang datang juga bisa  bertempur di rute off road di sekitar Pujon Kidul dengan melihat indahnya berbagai tanaman serta bunga-bunga warna warni yang tumbuh subur di kaki gunung  Dorowati. Namun juga wusata buah, dimana masyarakat yang datang dapat memetik buah ada apel, strowberi, cabe, bawang dan aneka tanaman buah lainnya.  Silahkan saja pilih dan tidak gratis begitu saja, setiap wisatawan  yang memetik buah harus menimbangnya yang kemudian wisatawan tersebut harus bayar kepemilik lahan.

 

Desa Kampung Iklim

Pada awal Desember 2016 lalu, desa wisata Pujon Kidul telah ditunjuk sebagai desa Program Kampung Iklim atau disebut Proklim Nasional oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dari banyaknya desa yang ada di Indonesia, hanya ada 22 desa di seluruh Indonesia yang ditunjuk sebagai desa Proklm. Dalam hal ini warga Malang, Jawa Timur, berbangga hati dengan telah ditunjukkan desa wisata Pujon Kidul sebagai desa Proklim.

Seperti diketahui desa wisata Pujon Kidul ini sendiri dikelilingi oleh perbukitan yang menjadikan udara di desa ini menjadi sejuk ditambah dengan banyaknya sawah warga yang nampak sangat hijau,  sehingga banyak diminati oleh banyak orang yang datang untuk berfoto ria.

Tingginya animo masyarakat desa wisata Pujon Kidul, menjadikan kawasan desanya benar-benar desa wisata yang produktif dan ada usaha tidak lepas dari sinergi Desa Pujon Kidul dengan Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), salah satunya adalah BUMN yang melakukan distribusi hasil pertanian milik warga Desa Pujon Kidul.

Berkat predikat sebagai desa wisata ini, pendapatan desa pun menjadi bersinar bagi warganya. Hal ini terhitung dari banyaknya masyarakat luas baik dari dalam kota Malang sendiri juga banyak dari luar kota Malang. Dan juga pendapatan tersebut berasal dari jasa parkir, retrebusi warung dan pajak homestay. Hingga kini sedikitnya sudah ada 55 homestay yang ada di desa wisata Pujon Kidul ini. (Maya han)