Indonesia Ditunjuk jadi Tuan Rumah ALMM+3 2020

Indonesia Ditunjuk jadi Tuan Rumah ALMM+3 2020

Menaker, Hanif Dhakiri tampak hadir di tengah acara pertemuan ALMM di Kuala Lumpur / Biro Humas

SHNet, Kuala Lumpur – Indonesia mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah ASEAN Labour Ministers Meeting (ALMM) ke-26 serta ASEAN Labour Ministers Meeting plus Jepang, Korea dan China (ALMM +3) yang ke-11 pada 2020 mendatang.

Penunjukan tuan rumah perhelatan dua tahunan ini disebutkan dalam kesepakatan bersama pertemuan regional tersebut. “Selain ingin mensukseskan pertemuan, sebagai tuan rumah Indonesia juga akan mendorong pembahasan agenda yang relevan dengan isu ketenagakerjaan ASEAN dan Indonesia,” kata Maruli A Hasoloan, Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI merespons penunjukan tersebut.

Tentang tema pertemuan, akan dibahas bersama dengan seluruh anggota ASEAN dan ASEAN+3, dalam berbagai serial pertemuan sebelum pelaksanaan. Tentu, harus relevan dalam merespons isu mutakhir ketenagakerjaan. “Pada rangkaian pertemuan sebelum pelaksanaan itulah, Indonesia akan aktif menyampaikan inisiatif gagasan sebagaimana yang dilakukan selama ini,” tambah Maruli.

Diantara inisiatif Indonesia terkait ketenagakerjaan yang menjadi pembahasan bersama di ASEAN antara lain tentang pemberian akses pendidikan kepada anak-anak pekerja migran. Meningkatkan kompetensi calon pekerja migran. Peningkatan upaya migrasi yang aman (safe migration). Pentingnya merespons dampak ketenagakerjaan dari industri 4.0, dan sebagainya.

Sementara pada pertemuan ALMM+3 di Kuala Lumpur para menteri berkomitmen untuk memperkuat kampanye green jobs. Green jobs merupakan kampanye dalam membuka lapangan pekerjaan dengan tetap mempertimbangakan kelestarian lingkungan. (**)