Belanda Kirim Jerman ke Liga B

Belanda Kirim Jerman ke Liga B

Memphis Depay dan Giorginio Wijnaldum menjadi pahlawan kemenangan Belanda di Rotterdam /marca

SHNet, Rotterdam – Pertemuan laga bergengsi antara Belanda versus Jerman di Liga Negara-negara UEFA masih empat hari lagi tetapi tim Oranye sudah mengirim pil pahit kepada calon lawannya tersebut. Kemenangan 2-0 atas Prancis di stadion Feyenoord membuat poin pasukan Ronald Koeman sudah tidak bisa dikejar lagi oleh Toni Kroos dan kawan-kawan. Jerman menjadi juru kunci di Liga A Grup 1 dengan nilai satu dan akan bermain di Liga B.

Dua kemenangan beruntun yang didapat timnas Belanda seolah menjadi kebangkitan persepak-bolaan negara kincir angin tersebut. Enam poin sudah mereka kumpulkan dan tinggal mencari minimal hasil imbang untuk meloloskan diri ke babak final di Dublin.

Belanda memang tampil sangat baik melawan juara dunia 2018 itu dan mungkin saja layak menang dengan skor yang lebih besar, tetapi dua gol dari Georginio Wijnaldum dan Memphis Depay sudah cukup membuat pendukung kesayangan mereka di Rotterdam bersorak.

Meski mendominasi babak pertama, sebenarnya butuh waktu hingga 44 menit bagi Belanda untuk memimpin, saat Wijnaldum berhasil menyambar bola rebound hasil tembakan Ryan Babel yang masih dapat ditepis Hugo Lloris. Les Bleus cukup beruntung dengan Lloris berdiri di bawah mistar gawang sebab setidaknya kiper Tottenham Hotspur itu membuat sembilan penyelamatan fantastis dalam menyelamatkan gawang Prancis bisa bertahan hingga 90 menit.

Sang kapten menyelamatkan dengan sangat baik dari upaya Denzel Dumfries, Depay dan Frenkie de Jong di babak kedua untuk memberikan harapan Les Bleus mengimbangi permainan menggila Belanda yang membuat hampir 65% penguasaan bola. Tetapi di stadion Feyenoord lini depan Prancis yang diisi Mbappe, Giroud dan Griezmann seakan tidak berdaya dengan hanya mendapat dua peluang shoot on target.

Belanda, di sisi lain, memiliki 11 tembakan tepat sasaran, yang terakhir adalah penalti Panenka dari Depay di menit akhir perpanjangan waktu, setelah Moussa Sissoko melakukan pelanggaran terhadap De Jong.

Hasilnya berarti Jerman telah terdegradasi dari level tim-tim elit di Liga UEFA, tetapi Prancis kini membutuhkan Die Mannschaft untuk mengalahkan Belanda pada hari Selasa (20/11) dinihari WIB. (HNP)