Bak Raja Ampat, Pulau Sambori di Sulawesi Tengah Begitu Indah

Bak Raja Ampat, Pulau Sambori di Sulawesi Tengah Begitu Indah

SHNet,  Jakarta –  Tidak hanya Papua yang memiliki Raja Ampat nan indah dan eksotis, namun Morowali, Selawesi Tengah juga memiliki pulau nan indah bak kembaran Raja Ampat, yaitu Pulau Sambori yang terletak di Desa Matarape, Kecamatan Menui Kepulauan, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Pulau indah dengan air jernih berwarna biru itu dikenal dengan Raja Ampat-nya Sulawesi Tengah yang juga dikenal eksotis dengan dikelilingi pulau pulau kecil. Bak pinang dibelah dua, keindahan bawah lautnya pulau Sambori  juga sangat dikenal dimata wisatawan mancanegara yang banyak mengunjungi pulau nan indah itu.

Banyak di kunjungi oleh wisawan mancanegara, tidak lain adalah untuk kegiatan menyelam yaitu snorkeling. Dimana keindahan bawah lautnya yang sangat indah yang memiliki beragam warna dan jenis binatang karang yang akan memanjakan mata saat memandangnya. Untuk itu, banyak musim libur wisatawan mancanegara datang hanya untuk snorkeling di pulau Sambori.

Memiliki pasir yang putih dan terumpu karang yang indah, pulau Sambori ini keindahannya menyerupai Raja Ampat, Wakatobi serta Bunaken di Manado sana. Di Pulau nan indah ini juga terdapat binatamg laut yaitu lumba-lumba dan hiu paus yang tampak tengah mengejar ikan di air nan cernih dan tenang yang berwarna hijau toska.

Sepertu diketahui pulau Sambori ini dikenal lewat festival Bajo, dengan luaa sekitar 147.700 Ha banyak wisatawan mancanegara selain snorkeling juga banyak melakukan diving du pulau koko dan pulau Dua Laut. Pulau Koko terdapat dua pantai yang dikenal dengan lambaian pohon kelapanya sehingga memberikan kesejukan yang luas biasa.

Memiliki Julukan Unik

Pulau Sambori nan indah ini, tidak kalah dengan pulau-pulau menakjubkan lainnya  yang memiliki julukan tersendiri. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Morowali, menyebut Sambori bagaikan “Sepetak Surga Yang Jatuh di Lautan Bumi Morowali”.

Memasuki kawasan Sombori, wisatawan  akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan dengan adanya deretan tebing dan karang yang tinggi mengawali di sisi dan kanan pulau. Tidak itu saja, namun juga mata akan dibuat sejuk dengan hamparan air laut yang berwarna biru kehijauan.

Tidak hanya indahnya pulau Sambori, namun wisatawan yang datang juga ada wisata dua buah goa yang  bagus tiada taranya. Dimana dua goa itu salah satunya adalah Goa Berlian, yang terletak di pulau lain di bibir daratan Sulawesi  yang menghadap Mbokitta. Dimana goa Berlian di karenakan stalaktit di dalam goa sangat  berkilau menyerupai berlian bila tersabu cahaya goa.

Karena letaknya berada di tebing, para wisatawan yang datang dan ingin menikmati keindahan goa Berlian ini dibutuhka  perjuangan keras untuk dapat naik dengan kemiringan 70-80 derajat. Ketinggian Goa Berlian ialah sekitar 10 meter dari permukaan maritim Pulau Sambori.

Hal yang beda denga Goa Tengkorak, sesuai dengan namanya di Goa Tengkorak ini terdapat tengkorak insan yang belum diketahui asal usaulnya. Goa tengkorak ini diketahui berada di tebing sekitar 40 meter dari permukaan laut. Dan goa Tengkorak ini keliatan sangat serem untuk dikunjungi.

Keindahan pulau Sambori bak Raja Ampat ini ialah, sama-sama dikelilingi oleh beberapa gugusan pulau-pulau kecil. Ada yang dihuni oleh beberapa gugusan pulau kecil, hingga ada yang dihuni nelayan dan ada juga yang tidak dihuni. Dan, untuk dapat menikmati keindahan pulai Sambori ini.

Warga Suku Bajo juga jadi daya tarik saat berwisata ke Pulau Sambori. Wisatawan dapat melihat kehidupan sehari-hari warha yang dikenal sebagai pelaut tangguh. Dan para wisatawan yang datang juga dapat belajar berenang bersama orang Bajo yang dapat menyelam bebas tanpa alat pernapasan apapun. (maya han)