800 Karya Bung Hatta Terbit dalam 10 Buku

800 Karya Bung Hatta Terbit dalam 10 Buku

Ilustrasi dari pixabay.com [SHNet/Ist]

SHNet, Jakarta – Penerbit Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) telah mengumpulkan dan menerbitakan lebih dari 800 karya tulis Bapak Proklamator Indonesia, Moh Hatta. Karya tersebut dikumpulkan dan diterbitkan dalam 10 seri yang acara peluncurannya berlangsung, Senin (13/11), di Aula Gedung Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Peluncuran 10 Seri Buku berjudul “Karya Lengkap Bung Hatta (KLBH)” itu diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama Perhimpunan Indonesia untuk Pengembangan Ekonomi dan Sosial (Bineksos) dan Penerbit LP3ES. Acara menampilkan suatu atraksi diskusi talkshow menarik yang dipandu oleh Dr Imam B Prasodjo (Sosiolog UI), dengan menampilkan pembicara Prof Emil Salim, sejarawan Taufik Abdullah, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid; Ketua MWA-ITB dan tokoh anti-korupsi Betti Alsjahbana, serta Alfatih Timur, CEO kitabisa.com yang mewakili generasi milenial.

Acara peluncuran dan talkshow buku KLBH yang dihadiri lebih dari 250 undangan dari sejumlah kalangan tersebut, menayangkan pertunjukan audio-visual tentang figur Bung Hatta dan karya-karya tulisnya. Selain itu, Penerbit LP3ES juga menyerahkan buku KLBH tersebut kepada Menteri Pendikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy; putri Bung Hatta, Meutia Hatta-Swasono; Rektor Universitas Bung Hatta (Padang), Ketua Yayasan Proklamator Bung Hatta, Pimpinan Perpustakaan Nasional, Ketua Asosiasi Perpustakaan Indonesia, dan lain sebagainya.

Mendikbud Muhadjir Effendy (kanan) saat Peluncuran “Karya Lengkap Bung Hatta (KLBH)” di Jakarta, Senin (13/11). [SHNet/Ist]

Selain Menteri Muhadjir Effendy bersama keluarga Bung Hatta dan putra-putri para Pahlawan Nasional, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari pemerintah, BUMN, Perguruan Tinggi, LSM, Pustakawan, Guru-guru SMU, pelaku Usaha, Koperasi, Pers/media dan lain sebagainya.

Produktif Menulis
Bung Hatta adalah salah satu putra bangsa yang paling rajin dan produktif menulis. Proklamator, Wakil Presiden pertama, Pahlawan Nasional dan Bapak Koperasi Indonesia ini telah menulis sejak usia 16 tahun (1918), dan masih terus menulis hingga usia 77 tahun (1979).

Dalam kurun waktu 61 tahun (1918-1979) itu, Bung Hatta menghasilkan lebih 800 karya tulis dalam bahasa Indonesia, Belanda maupun Inggris. Atas izin dan dukungan keluarga Bung Hatta, Penerbit LP3ES—sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang independen dibentuk pada tahun 1971 oleh Bineksos—bekerja sama dengan Universitas Bung Hatta di Padang telah mengambil prakarsa untuk mengkompilasi secara komprehensif, menerbitkan ulang dan menerbitkan baru sama-sekali, semua karya-karya tulis Bung Hatta tersebut.

Sampai dengan saat ini, Tim Redaksi LP3ES telah berhasil menghimpun lebih dari 800 karya Bung Hatta yang ditulisnya antara tahun 1918 hingga tahun 1979 dalam berbagai bentuk buku, artikel, ceramah, pidato, esei, makalah, kata sambutan, dan surat-surat, serta mengelompokkannya secara taksonomi dan tematik, kemudian menerbitkannya dalam rangkaian 10 seri buku berjudul KLBH.

Peluncuran 10 Seri Buku berjudul “Karya Lengkap Bung Hatta (KLBH)” di Aula Gedung Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Senin (13/11). [SHNet/Ist]

Meskipun proses pengumpulan, penyusunan, editing dan penerbitan kumpulan naskah menjadi buku itu telah berjalan sejak tahun 1995 sehingga Buku 1 (“Kebangsaan dan Kerakyatan”) bisa pertama kali diterbitkan pada tahun 1998, namun setelah Buku 2 dan Buku 3 (terbit tahun 2001 dan tahun 2003) penerbitan seri buku KLBH ini sempat terhenti cukup lama.

Sejak tahun 2015 dengan dukungan Bineksos, Penerbit LP3ES bersama Universitas Bung Hatta hingga Oktober 2018 ini telah berhasil menerbitkan 6 dari 10 seri buku dimaksud, yakni Buku 1 sampai dengan Buku 6. Sedangkan sisanya, kini dalam proses keredaksian untuk terbit dalam tahun 2019 nanti.

10 Judul Seri Bung Hatta
Berikut ini 10 judul dari Seri Buku Karya Lengkap Bung Hatta : Buku 1: Kebangsaan dan Kerakyatan (tebal 655 halaman); Buku 2: Kemerdekaan dan Demokrasi (500 halaman); Buku 3: Perdamaian Dunia dan Keadilan Sosial (678 halaman); Buku 4: Keadilan Sosial dan Kamakmuran (517 halaman); Buku 5: Sumber Daya Ekonomi dan Kebutuhan Pokok Masyarakat (335 halaman); Buku 6: Gerakan Koperasi dan Perekonomian Rakyat (304 halaman); Buku 7: Filsafat, Ilmu dan Pengetahuan (700 halaman); Buku 8: Agama, Pendidikan dan Pemuda (300 halaman); Buku 9: Renungan dan Kenangan (350 halaman); dan Buku 10: Surat-surat (400 halaman).

Penyelenggaraan acara peluncuran dan talkshow buku KLBH ini merupakan langkah permulaan dari rangkaian kegiatan diseminasi pemikiran Bung Hatta dan promosi 10 seri buku KLBH ke sejumlah kampus terkemuka di Tanah Air. Rencananya, kegiatan promosi tersebut akan dilakukan dalam bentuk seminar, diskusi publik, bedah buku dan lain-lain.

Rangkaian kegiatan ini akan dikoordinasi oleh Perhimpunan Indonesia untuk Binekos bersama dengan Penerbit LP3ES dengan harapan mendapat dukungan berbagai pihak, mulai dari sSwasta, pemerintah dan masyarakat. (whm/sp)