Tiga Destinasi Liburan Salju Favorit Wisatawan Asia Pasifik

Tiga Destinasi Liburan Salju Favorit Wisatawan Asia Pasifik

Liburan di destinasi wisata bersalju menjadifavorit wisatawan Asia Pasifik. (Ist)

 

SHNet, Jakarta– Liburan ke destinasi wisata bersalju dalam tiga tahun belakangan ini mulai diminati oleh wisatawan dari Asia Pasifik.

Hasil riset yang dilakukan oleh Club Med sebagai operator resor ski premium menyebutkan 200 juta orang di Asia pasifik telah melakukan liburan di destinasi bersalju dalam tiga tahun.

Jepang, Korea Selatan dan Swiss merupakan destinasi wisata bersalju yang menjadi favorit wisatawan Asia Pasifik.

“Penelitian ini memberikan wawasan yang tepat waktu mengenai konsumen Asia pasifik sekarang, yang menggemari liburan salju. Pasar berkembang sangat pesat seiring dengan kian tumbuhnya orang kaya di Asia dan minat untuk melakukan liburan salju juga naik dengan pelaksanaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeong Chang dan Beijing,” papar CEO of Club Med, East and South Asia & Pacific Xavier Desaulles dalam keterangan resminya, Selasa (16/10).

Menurutnya, hal ini sangat penting sebagai alat yang memungkinkan pihaknya berbagi informasi dan melayani klien dan mitra regional dan global.

Millenial Memimpin Pasar

Pasar liburan bersalju mengalami pertumbuhan yang cepat di Asia Pasifik dalam tiga tahun terakhir dengan perkiraan sekitar 238 juta pelancong termasuk 138 juta dalam 12 bulan terakhir.

Angka-angka tersebut berkorelasi dengan tingkat kemakmuran dan tumbuhnya keinginan untuk menjelajahi dunia dengan cara yang lebih eksperimental dan berbeda baik dengan keluarga maupun teman.

Tidak mengherankan, Cina adalah pasar penggemar salju terbesar di dunia, diikuti oleh India dan Jepang. Namun, pasar dengan sedikit atau tanpa salju seperti Hong Kong SAR, Singapura dan Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang kuat meskipun dari basis yang lebih kecil karena mereka mencari liburan berbasis pengalaman yang lebih banyak serta segarnya udara.

Meski usia rata-rata penduduk di negara dengan liburan salju adalah 38 tahun, negara-negara dengan populasi milenium besar seperti Cina, Malaysia, Indonesia dan India memiliki usia rata-rata lebih muda, yaitu 34 tahun. Jepang memiliki usia rata-rata tertua yaitu 45 sejalan dengan karakteristik demografinya.

Saat ini liburan salju tetap mejadi domain orang kaya. 85% pelancong liburan salju Asia memiliki pendapatan rumah tangga sebesar USD 4.000 atau lebih – jauh lebih tinggi daripada populasi umum Asia Pasifik sebesar 33%.

Tidak seperti di Amerika Utara dan pasar Eropa yang sangat ski dan snowboard sentris, pelancong Asia Pasifik mencari pengalaman salju yang jauh lebih beragam, terkadang tanpa ski / snowboard sama sekali.

Untuk orang India yang menggilai salju, Swiss merupakan tujuan yang paling diminati, dimana sebagian faktor pendorongnya yakni popularitas negara tersebut dalam layar Bollywood. Sementara itu, St Moritz di Swiss menjadi tujuan jangka panjang pertama bagi orang Asia yang mencari liburan bersalju.

Rata-rata, 78% turis Asia-Pasifik tinggal lebih dari empat malam dan 50% dari mereka menghabiskan setidaknya US $ 300 per hari per orang. (Stevani Elisabeth)