Tampilan Baru Balsem FISIP UI. Ini Keistimewaannya

Tampilan Baru Balsem FISIP UI. Ini Keistimewaannya

Balsem atau Balik Semak, kantin yang ada di FISIP UI tampil baru. (Ist)

SHNet, Depok– Di era 1990-an nama Balsem memang cukup tenar di kalangan mahasiswa Universitas Indonesia (UI). Balsem singkatan dari balik semak merupakan kantin yang lokasinya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) di Kampus UI Depok.

Disebut balsem karena dulunya, banyak pohon dan semak-semak di sekitar tempat makan tersebut. Tempat makannya pun masih di tenda dan berlantaikan tanah. Dekan FISIP UI Ari Setiabudi Soesilo menceritakan, pada 2001 ada sebuah perusahaan Korea yang merenovasi kantin ini dengan desain ala Korea yang banyak menggunakan unsur kayu. Tak jauh dari tempat itu, dibuat taman yang dikenal dengan taman Korea.

“Jadi, mahasiswa di era tahun 2002 mengenal tempat ini Taman Korea. Namun seiring jalannya waktu, tempat ini tidak terawat sehingga setahun yang lalu dilakukanlah renovasi bekerjasama dengan PT Mayora dan BNI,” ujarnya kepada wartawan, di Kampus UI Depok, Selasa (16/10).

Peresmian Balsem atau balik semak, di FISIP UI Depok, Selasa (16/10). (Ist)

Dia mengatakan, nama lokasi makan ini tetap Balsem. Hanya saja ditambah “Next Level of Balsem”, dengan harapan, tampilan Balsem yang baru yang menggambarkan bahwa Balsem sudah naik kelas.

Bukan saja tampilan yang baru, pelayanannya juga baru. Keistimewaan adalah, para pengunjung mengambil sendiri peralatan makan yang sudah disediakan. Setelah makan, pengunjung meletakkan sendiri peralatan makan di tempat yang disediakan. Penjual makanan dalam bekerja menggunakan celemek, masker yang menutupi mulut dan hidung serta sarung tangan. Sistem pembayaran di kasir perlahan-lahan akan dilakukan secara non tunai.

Kantin BALSEM (Balik Semak) FISIP UI sudah memenuhi standard Kantin Sehat. Selain produk yang dijual sudah terdaftar di BPOM, para penjual di Kantin FISIP UI diberikan Sertifikat berupa pelatihan sebelum mengolah makanan dan berjualan di sini.

National Sales Promotion Head PT Mayora Food & Beverage Henry David Kalangie mengatakan, renovasi kantin yang ada di perguruan tinggi merupakan proyek pertama. “Ini menjadi percontohan bagi kantin-kantin lain yang ada diberbagai perguruan tinggi. Tujuannya, tidak hanya untuk mendekatkan produk kami dengan konsumen, tetapi juga menciptakan kantin yang bersih, sehat dan nyaman,” ujarnya.

Le Minerale turut berkontribusi menyampaikan pesan kesehatan dan edukasi melalui dukungan dalam “Renovasi Kantin Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia” yang menjadi salah satu bagian penting dari keselarasan kegiatan segenap Mahasiswa dan tenaga pengajar FISIP di Universitas Indonesia.

Henry menambahkan nama Balsem tidak berubah karena terkait dengan sejarah. “Tempat makan ini tidak dirubah karena terkait sejarah. Banyak tokoh penting di negara ini yang dulunya sering makan di sini,” tutur Henry.

Rektor Universitas Indonesia Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis mengatakan, UI membuka peluang kerjasama seluas-luasnya dengan industri.

“Kami membuka peluang seluas-luasnya dengan industri seperti yang sudah kami lakukan bersama Le Minerale, terutama yang memberikan dampak positif bagi segenap karyawan dan mahasiswa. Pada kesempatan ini kami juga merasakan manfaat yang kami dapatkan, seperti terciptanya sarana dan prasarana yang baik, akses untuk mendapatkan tempat makan dan istirahat yang memadai, bersih serta menyenangkan di lingkungan Universitas Indonesia,” ujarnya. (Stevani Elisabeth)