Pembicaraan RI – Portugal Di Jakarta 17 Oktober

Pembicaraan RI – Portugal Di Jakarta 17 Oktober

Jakarta, 9 Oktober 1974 – Serentetan pembicaraan antara Indonesia dan Portugal akan diadakan jika pada bagian akhir minggu depan menteri urusan koordinasi antar wilayah di seberang laut Portugal Dr. Almeida Santos berada di Jakarta untuk dua hari.

Untuk pembesar Portugal itu dewasa ini paling sedikit sedang dipersiapkan tiga kali pertemuan yakni dengan Presiden Soeharto, menteri luar negeri Adam Malik serta menteri pertahanan dan keamanan Jenderal Maraden Panggabean.

Dr. Santos menurut rencana akan tiba di Jakarta pada tanggal 17 Oktober yang akan datang setelah suatu kunjungan me Macao dan Timor Portugis.

Selain oleh isterinya Ny. Santos ia antara lain akan disertai oleh seorang penasehat militernya.
Dalam rombongannya akan terdapat pula kepada kabinetnya serta seorang wartawan dari suatu harian di Lisbon.

Lebaran
Sekalipun kedatangan pembesar Portugal itu akan jatuh bertepatan dengan perayaan hari Raya Idul Fitri akan tetapi baginya masih juga diusahakan pengaturan untuk dapat bertemu dengan berbagai pembesar Indonesia.

Sekalipun sejauh ini tidak segera tersedia pembenaran resmi di Jakarta akan tetapi di Jakarta diduga akan merupakan tindak lanjut dari pada kesepakatan antara Indonesia dan Portugal untuk bekerjasama dan mengadakan konsultasi erat sepanjang tersangkut proses dekolonisasi di Timor Portugis.

Kesepakatan itu dicapai kurang lebih dua minggu yang lalu dalam suatu pertemuan di New York antara menteri luar negeri Adam Malik dengan rekannya dari Portugal menteri luar negeri Mario Soares.

Menteri Dr. Almeida Santos akan tiba di Jakarta dari Australia. (SH/Ant)