Palu Tidak Layak Jadi Kota, Ini Alasannya

Palu Tidak Layak Jadi Kota, Ini Alasannya

Palu . (Dok. NASA Earth Observatory)

 

SHNet, Jakarta- Deputi Bidang Informasi Geospasial, Badan Informasi Geospasial (BIG) Mohamad Arief Syafi’i mengatakan Palu tidak layak dijadikan kota. Pasalnya di daerah itu ada empat lempengan dan sesar Palu-Koro

“Ada 4 lempengan dan sesar Palu-Koro sehingga Palu tidak layak dijadikan suatu kota. Kalau wilayah itu ada sesar, ya jangan dibangun bangunan,” ujarnya dalam media gathering yang bertajuk “Pemanfaatan Informasi Geospasial dalam Mitigasi Bencana”, di Jakarta, Kamis (11/10).

Menurutnya, banyak ahli yang menyatakan bahwa Palu tidak cocok dijadikan suatu kota. “Banyak ahli juga menyatakan Palu tidak layak dijadikan sebagai kota, (di sana) ada empat lempeng juga,” kata Arief.

Sebagai suatu wilayah yang sering dilanda bencana gempa, Palu juga tidak cocok untuk dijadikan kota hunian.

Pernyataan Arief disampaikan bukan tanpa kajian, pihaknya memiliki tugas untuk melakukan pemetaan mana lokasi yang dianggap rawan bencana, termasuk wilayah Sulawesi Tengah yang baru saja dilanda gempa dan tsunami.

Ditambah munculnya fenomena likuefaksi yang juga membuat pemerintah harus ‘putar otak’ untuk segera mencari lokasi aman dan memindahkan para warga yang tinggal di wilayah tersebut ke daerah yang lebih aman.

Pemerintah pun kini sedang menggodok rencana untuk melakukan relokasi terhadap para warga Palu ke wilayah yang dianggap aman untuk dihuni, demi menghindari bertambahnya korban di kemudian hari. (Stevani Elisabeth)