Menjaga Pulai Sebatik, TNI AD Kerahkan 4 Kelompok

Menjaga Pulai Sebatik, TNI AD Kerahkan 4 Kelompok

 

SHNet, Bandung – Sedikitnya ada empat kelompok anggota TNI yang terus menjaga di perbatasan Pulau Sebatik, Kalimantan. Penjagaan ini dilakukan sehubungan dengan belum selesai persoalan pembatasan Pulau Sebatik yang tengah dibicarakan dalqm Join Indonesia – Malaysia (JIM) di Bandung saat ini. Hal ini ditegaskan oleh  Kolonel Asep Edi Rosidin selaku  Direktur Topografi AD.

” Anggota kita yang sekarang di Pulau Sebatik ini adalah, anggota yang ahlinya dalam mengukur tanah. Dan sejak awal diikut sertakan dan dipercaya  oleh panitia Nasional sebagai eksekutor di lapangan, ” tegas Asep Edi Risidin kepada wartawan di Bandung, Selasa (9/10/2018).

Sebanyak 60 anggota TNI bertugas di Kepulauan Sebatik, sudah berjaga sejak  dari tahun 1975  dan hingga sekarang. Dimana para prajurit TNI itu, adakah jago-jagonya mengukur tanah yang sebelum mematok terlebih dahulu melakukan survei.

” Jadi sebelum di patok, para  prajurit kita dilapangan terlebih dahulu melakukan survei. Sampai sekarang untuk IRM itu masih dipercaya eksekutor lapangan dan  nanti apabila OBP masuk ke tahap demarkasi, kami juga siap melaksanakan eksekusi lapangan melaksanakan demarkasi,” tegas Asep Edi Rasidin lagi.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo menegaskan, hasil konkrit nanti tanggal 11 Oktober ini setelah tanda tangan MoU baru mulai perundingan.

” Nanti akan kita jelaskan usai MoU, dan ada sembilan yang jadi pembahasan namun semua itu yang menjadi prioritas adalah di sektor timur dan barat,” papar Hadi Prabowo. (Maya Han)