Kemenpar Bidik Wisatawan Kelas Menengah di Sales Mission Danau Toba

Kemenpar Bidik Wisatawan Kelas Menengah di Sales Mission Danau Toba

Kementerian pariwisata kembali menggelar Sales Mission Danau Toba 2018. di Gandaria City dan Sheraton Jakarta, 19-21 Oktober 2018. (SHNet/stevani elisabeth)

 

SHNet, Jakarta- Menyambung kesuksesan penyelenggaraan Sales Mission Danau Toba yang diselenggarakan di Yogjakarta, Surabaya dan Semarang, Sales Mission Danau Toba kembali digelar.

Kali ini, Jakarta menjadi kota pilihan karena statusnya yang merupakan ibu kota negara membuat Jakarta menjadi tempat bermukim manusia dengan berbagai latar belakang. Sales Mission Danau Toba di Jakarta diselenggarakan 19-21 Oktober 2018 di Gandaria City Mall dan Sheraton Hotel.

Mengapa digelar di Jakarta? Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional I Kementerian Pariwisata Lokot Ahmad Enda mengatakan, Jakarta memiliki jumlah penduduk yang banyak. Selain itu banyak masyarakat kelas menengah ke atas ada di Jakarta.

“Saat ini ada sekitar 100 juta masyarakat kelas menengah ke atas yang ada di Indonesia. Mereka tersebar di kota-kota besar termasuk Jakarta. Kita terkonsentrasi di kota-kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandung dan Semarang untuk menjaring wisatawan kelas menengah ke atas,” ujarnya

Menurut Lokot, kriteria kelas menengah ke atas adalah sering ganti mobil, senang berwisata dan kulineran. “Kami berharap, acara ini dapat memberikan dampak positif bagi pariwisata Danau Toba,” tuturnya.

Table Top dalam rangka Sales Mission Danau Toba 2018 di Hotel Sheraton Jakarta. (SHNet/stevani elisabeth)

Ketua ASITA Sumatera Utara, Solahuddin Nasution mengatakan bahwa pihaknya berharap agar aksesibilitas menuju Danau Toba terus dikembangkan sampai menyentuh negara lain diluar Singapura dan Malaysia.

“Pengembangan pariwisata Danau Toba tetap butuh daerah lain sebagai penyangga pariwisata. Hal ini terlihat dari data jumlah hunian kamar hotel yang penuh,” kata Solahuddin.

Ia menambahkan hingga Agustus 2018, sudah ada 150 wisatawan mancanegera (wisman) yang berkunjung ke Sumatera Utara. Sebagian wisman tersebut ada yang melanjutkan perjalanannya ke Toba.

Menurutnya, kunjungan wisatawan ke Toba masih akan terus bertambah hingga Desember. Saat ini ada dua kegiatan yang akan digelar di Danau Toba yakni Festival Kemerdekaan dan Festival Danau Toba.

Penyelenggaraan Sales Mission ini diharapkan dapat mendorong agar industri pariwisata terus meningkatkan kualitas pelayanan seiring dengan peningkatan jumlah kunjungan wisata. (Stevani Elisabeth)