Jokowi, Tahun Depan Akan Ada Dana Kelurahan

Jokowi, Tahun Depan Akan Ada Dana Kelurahan

SHNet, Badung – Halaman  Festival Park, Kawasan Garuda  Wisnu Kencana, yang disulap menjadi ruangan .pertemuan Temu Karya Nasionak Gelar Teknologi XX,  tepat pukul 08.45 sontak ramai dengan kedatangan Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana dengan didampingi oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

Tanpa dikomando, para Bupati dan Lurah yang juga ikut hadir di acara temu Gubernur seluruh Indonesia itu langsung bersuara mengelu-ngelukan Presidennya. Seperti biasa, Jokowi yang datang pada Jumat (19/10/2018) tepat waktu itu langsung menyalami dan menyapa Bupati dan Lurah .

Halaman yang luas dan sengatan matahari yang begitu panas, tidak dihiraukan orang nomor satu Indonesia itu.  Seperti biasa, selvie dilakukan oleh Jokowi terhadap hadirin yang datang pada siang itu.  Tanpa dikomando, pastinya terjadi desak-desakan hadirin yang datang ingin bwrselvia ria. Dengan sabarnya, Jokowi meladeni para undangan di acara itu dengan senyum.

Usai berkeliling yang memakan waktu tidak lebih 10-15 menit itu, Jokowi langsung naik ke panggung yang telah disediakan pihak panitia.. Dalam kata sambutannya itu, Jokowi kembali mwngingatkan pada Gubernur, Bupati serta Lurah seluruh Indonesia yang hadir pada gawean Direktorat Evaluasi Perkembangan Desa Kementerian Departemen Dalam Negeri, Eko Prasetyanto.

” Saya katakan sekali lagi, Indonesia ini adalah negara besar, untuk itu dana Desa yang digelontorka. keseluruh desa digunakan sebaik-baiknya untuk warga desa. Bila ingin membangun, belilah bahan bangunan di Desa dan bukan belanja ke Jakarta,” tegas Jokowi diatas mimbar acara Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna XX di Bali.

Kembali dikatakan Jokowi, bahwa manajeman pemerintahan harus di zoom out dan zoom in, untuk mendapatkan gambaran besar mengenai pemakaian dana desa yang pada tahun ini ada peningkatanan dibandingkan pada tahun sebelumnya.

” Ada  kabar gembira, di tahun depan pemerintah melalui Departeman Dalam Negeri, akan menggelontorkan dana desa untuk Kelurahan,” yang disambut sorak sorai oleh para Lurah yang juga hadir di acara itu.

“Hidup Presiden ku, hidup Jokowi,” ujar hadirin yang menyambut baik adanya dana desa Kelurahan itu.

“Tapi ingat dana Kelurahan itu, akan cair pada tahun depan dengan jumlah yang belum kita ketahui berapa jumlahnya,” paparnya lagi.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengamini saat ditanya akan adanya dana Kelurahan yang akan cair pada tahun depan.

“Perlu diingat dana Kelurahan ini besarnya tentu beda dengan dana Desa, dan saya katakan sekali lagi, dana Kelurahan ini digunaka  untuk Lurah seluruh Indonesia agar lebih maju dan signifikan kerjanya,” papar Tjahjo lagi. (Maya Han)