Jangan Membuang Obat Sembarangan

Jangan Membuang Obat Sembarangan

Ikatan Apteker Indonesia (IAI) mengelar gathering untuk blogger dan jurnalis, di Jakarta, sabtu (29/9). (Dok. IAI)

SHNet, Jakarta- Anda mempunyai persediaan obat di rumah? Bila obat tersebut sudah kadaluarsa atau sudah tidak anda konsumsi lagi, sebaiknya jangan asal dibuang ke tempat sampah atau ke saluran air.

Hal ini diungkapkan Indri Mulyani Bunyamin, Ketua Hisfarkesmas di sela Gathering Blogger and Journalist: Be Smart and Fun with Pharmacists, yang digelar Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Sabtu (29/9).

Acara yang digelar di kantor IAI tersebut dalam rangka memperingati World Pharmacists Day yang jatuh 25 September 2018. “Obat sisa atau obat yang sudah kadaluarsa tidak bisa dibuang sembarangan ke tempat sampah,” ujarnya.

Ia mengatakan, ada beberapa cara yang aman untuk membuang obat. Bila obat tersebut dikemas dalam botol, maka lepaskan label obat dari botolnya. “ Ini dimaksudkan untuk menghindari penyalahgunaan penggunaan wadah obat tersebut,” kata Indri.

Obat yang berbentuk tablet atau kapsul, sebelum dibuang, sebaiknya kita gerus terlebih dahulu. Kemudian dicampur dengan tanah dan dimasukkan ke dalam plastik, Baru dibuang ke tempat sampah.

Dia menambahkan, untuk salep, gel dan cream harus dikeluarkan terlebih dahulu dari pot atau tubenya dan campur obat tersebut dengan tanah lalu masukkan plastik dan buang ke tempat sampah.

Obat yang berbentuk cairan, harus dicampur dulu dengan air kemudian campuran tersebut dibuang ke dalam closet.

Indri juga mengingatkan untuk meminum obat, sebaiknya gunakan air putih atau air mineral. Hindari teh, apalagi susu, kopi dan minuman bersoda. Sebab minuman berwarna memiliki kandungan zat tertentu yang bisa membuat efek obat berkurang. Misalnya kandungan kafein pada kopi akan mengikat protein sehingga obat menjadi sulit larut dalam darah. (Stevani Elisabeth}