Indonesia Dan Filipina Calon Sekjen Pertama ASEAN

Indonesia Dan Filipina Calon Sekjen Pertama ASEAN

Jakarta, 8 Oktober 1974 – Struktur Sekretariat Tetap Negara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) akan merupakan pokok berkisar suatu pertemuan tingkat pejabat senior dinas luar negeri negara tersebut di Kuala Lumpur akhir Oktober ini.

Suatu tanggal yang pasti belum disebut tetapi menurut rencana perutusan Indonesia ke pertemuan itu akan meninggalkan Jakarta sekitar tanggal 20 Oktober dipimpin seorang pejabat senior Direktorat Jenderal Urusan Politik Departemen Luar Negeri.

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut yang pertama setelah menteri luar negeri negara ASEAN memutuskan untuk menjadikan Jakarta tempat kedudukan sekretariat tetap itu ketika mereka bertemu di ibukota Indonesia dalam rapat tahunan mereka akhir bulan April yang lalu.

Dua persoalan
Dua persoalan pokok yang akan dihadapi dalam pertemuan di Kuala Lumpur itu antara lain adalah kerangka struktur badan tetap itu sendiri dan cara bergilirnya jabatan Sekretariat Jenderal.
Ketika para menteri luar negeri ASEAN bersidang di Jakarta bulan April yang lalu, Filipina telah disebut sebagai yang akan memegang kedudukan Sekretariat Jenderal yang pertama.

Akan tetapi beberapa negara lain telah menyuarakan cara bergilir menurut abjad yang berarti, Indonesia akan memegang jabatan itu untuk pertama kalinya. (SH/Ant)