Departemen Kehakiman Siapkan RUU Tentang Parpol Dan Golkar

Departemen Kehakiman Siapkan RUU Tentang Parpol Dan Golkar

Jakarta, 4 Oktober 1974 – Sejumlah Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Parpol dan Golkar serta pelaksana Undang-Undang Pokok Kehakiman kini sedang dipersiapkan oleh Departemen Kehakiman untuk diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat guna dibahas dan disetujui untuk disahkan menjadi undang-undang.

Menteri Kehakiman Prof. Mochtar Kusumaatmadja dalam suatu Rapat Kerja dengan Komisi III (Hukum) Dewan Perwakilan Rakyat di gedung DPR Senayan hari kamis menyebutkan RUU tersebut antara lain adalah RUU tentang Parpol dan Golkar, RUU tentang pelaksana undang-undang pokok kehakiman seperti RUU pengadilan dalam lingkungan peradilan umum dan RUU hukum acara pidana.

RUU lainnya antara lain adalah RUU tentang kejahatan penerbangan, tentang tradisi, tentang Perseroan Terbatas (PT), tentang Ratifikasi perjanjian nasional. Tentang imigrasi, lembaga permasyarakatan, tentang catatan sipil, tentang narkotika dan tentang tindak pidana pembocoran rahasia negara.

Dijelaskan bahwa sebagian dari RUU tersebut sudah diserahkan ke Sekretaris Kabinet sedangkan sebagaian lainnya masih dalam pembahasan terakhir di Departemen Kehakiman. (SH/Ant)