Argo Yuwono, Permintaan Penangguhan Penahanan Ratna Tergantung Penyidik

Argo Yuwono, Permintaan Penangguhan Penahanan Ratna Tergantung Penyidik

SHNet, Jakarta – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Raden  Argo Yuwono menegaskan, permohonan pengajuan sebagai tahanan kota itu adalah menjadi hak  semua tersangka termasuk tersangka Ratna Sarumpaet. Namun demikian, penyidik perlu mempertimbangkan lebih lanjut apakah permohonan itu akan dikabulkan atau tidak.

“Ya silakan saja mengajukan dengan permohonan tahanan kota. Nanti penyidik akan menilai apakah dikabulkan atau tidak.Jadi semua itu tergantung penyidiknya,” ujar Argo di Jakarta, Senin (8/10).

Seperti diketahui, persetujuan penangguhan penahanan pun harus disertai syarat antara lain wajib lapor, tidak keluar rumah, dan tidak keluar kota. Namun, pihak kepolisian disebut merasa status tahanan kota belum tepat diberikan untuk Ratna.

Selain memiliki tim bidang kedokteran dan kesehatan internal, polisi pun membebaskan Ratna minum obat selama di dalam sel tahanan.

Pengacara Ratna sebelumnya menyampaikan bahwa kliennya itu perlu mengonsumsi obat-obatan dari rumah sakit. Hal itu yang menjadi alasan kuasa hukum ingin mengajukan Ratna sebagai tahanan kota.

Namun, menurut Argo, status tahanan kota itu sepenuhnya menjadi subjektivitas penyidik.

“Permohonan silakan diajukan ke penyidik. Nanti penyidik akan memutuskan,” katanya. (Maya Han)