RI – Portugal Tentang Timor Portugis 22 September Di New York

RI – Portugal Tentang Timor Portugis 22 September Di New York

Jakarta, 18 September 1974 – Menlu Adam Malik menurut rencana tanggal 22 September akan mengadakan pembicaraan di New York mengenai masalah Timor Portugis dengan Menlu Portugis Mario Suares, demikian Deputy Kepala Badan Koordinasi Intelijen (BAKIN) Mayjen TNI Ali Murtopo, mengemukakan hari Senin kepada “Antara”.

Dalam kesempatan wawancara pada malam penutupan Karya Latihan Wartawan ke-V di Cibulan Mayjen Ali Murtopo menjelaskan pula bahwa pertemuan langsung antara Menlu Indonesia dan Menlu Portugal itu merupakan tindak lanjut dari pada pernyataan resmi pemerintah Portugal baru-baru ini menaruh keberatan terhadap kemungkinan bergabungnya Timor Portugis ke dalam wilayah Indonesia.

Berkata Mayjen Ali Murtopo “Persoalan Timor Portugis sekarang sudah jelas” namun penjelasan lebih lanjut tidak diberikannya.
Dapat diketahui bahwa beberapa pejabat CSIS (Centre for Strategic and Internasional Studios) beberapa waktu yang lalu telah melakukan serangakain kunjungan ke Eropa maupun Amerika Serikat untuk mempelajari dan mengumpulkan bahan informasi mengenai masalah Timor Portugis tersebut. (SH/Ant)