Professor Asal Swedia, Niclas Adler Puji Sumber Daya Laut Maluku

Professor Asal Swedia, Niclas Adler Puji Sumber Daya Laut Maluku

KONFERENSI - Prof. DR. Niclas Adler (kanan) saat bertemu DR. Gino Limmon dari perwakilan Unpatti Ambon dalam konferensi di London, Inggris, pekan lalu. (Dok/SHNet)

SHNet, JAKARTA – Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon terus melebarkan sayap. Kali ini lewat kerja sama dengan pihak Swedia hingga terbentuklah Proyek SeaHeal Unpatti sekaligus mendirikan sebuah perusahan, PT SeaHeal Ventures yang resmi diperkenalkan secara internasional dalam sebuah konferensi di London, Inggris pada 3-6 September lalu.

Direktur Pusat Kemaritiman dan Kelautan Unpatti Ambon, DR. Gino Limmon hadir langsung di London mewakili Unpatti dalam memperkenalkan proyek baru yang  salah satu tujuannya adalah untuk mengembangkan potensi keanekaragaman hayati laut Maluku.

Gino mengaku bangga hadir langsung disana lantaran melihat respons internasional yang begitu luar biasa. Apalagi memang tak Banyak perusahan yang serius memanfaatkan atau mengembangkan potensi keragaman hayati laut sebagai sumber bahan obat.

Gino yang juga menjabat sebagai Direktur Joint Venture proyek baru itu pun berharap masyarakat dan pemerintah menyadari besarnya nilai ekonomi yang dikandung oleh ekosistim laut seperti terumbu karang, sehingga kelestarian ekosistem tersebut bisa lebih terjaga.

Komisaris PT SeaHeal Ventures Prof. DR. Niclas Adler pun ikut memuji Unpatti sebagai bagian dari Provinsi yang punya sumber daya hayati laut begitu luar biasa. “Provinsi Maluku pun beruntung masih bisa mengakses sejumlah besar keanekaragaman hayati laut yang belum tersentuh tangan manusia. Sangat penting untuk bisa membuktikan potensi ekonomis sumber daya hayati laut tersebut sehingga investasi yang dibutuhkan untuk melindungi keanekaragaman hayati laut tersebut dapat diwujudkan,” kata Niclas.

Perusahaan PT SeaHeal Ventures yang baru ini selanjutnya akan membentuk tim peneliti dibawah pimpinan DR. Gino Limmon yang akan berkolaborasi erat dengan pusat penelitian SeaHeal di Karolinska, Stockholm, yang akan di pimpin oleh Prof.DR. Laszlo Szekely untuk mengembangkan obat penyakit kronis seperti kanker.  (Nonnie Rering)