Polsek dan Koramil di Perbatasan akan Diperbaiki Total

Polsek dan Koramil di Perbatasan akan Diperbaiki Total

SHNet, ATAMBUA – Setelah Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dibangun, konsentrasi pemerintah ke depan adalah memperbaiki berbagai fasilitas yang mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakatnya. Mulai dari pasar, pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), pengadaan air bersih, sekolah dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Polsek, koramil, imigrasi, karantina dan semua yang terkait dengan pengamanan lintas batas juga akan diperbaiki secara total dalam dua tahun ke depan. Hal itu disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, usai peletakan batu pertama pembangunan miniatur Patung Soekarno di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (18/9). “Itu semua harus kita perbaiki dan kita harus wujudkan Indonesia dari Sabang sampai Mereuke menjadi satu,” tegas Tjahjo Kumolo.

Di semua PLBN, bersamaan dengan perayaan ulang tahun Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) VIII, dipasang miniatur Patung Soekarno sebagai Proklamator Kemerdekaan RI. Tjahjo Kumolo mengatakan semua daerah yang pernah dikunjungi oleh Bung Karno akan dipasang patung serupa.

Presiden Soekarno pada 60 tahun yang lalu pernah mengunjungi Atambua, Kabupaten Belu. Bahkan di tengah Kota Atambua, tepatnya di Lapangan Umum Belu, Bung Karno menanam pohon beringin yang masih hidup sampai saat ini. “Bayangkan 60 tahun lalu saja Soekarno sudah sampai di sini. Kita punya kewajiban untuk membangun Indonesia dengan baik,” katanya.

Jalan menuju perbatasan Motaain, kini menjadi lebih bagus, mulus dan luas. Tjahjo berharap apa yang sudah dibangun dijaga dan dirawat serta dimanfaatkan dengan baik agar mendapat hasil yang maksimal. Jangan sampai setelah jalan dibangun, tidak ada moda transportasi. Terminal bus harus dibangun agar menumbuhan perekonomian dan semua pihak harus saling berkomunikasi dan bekerja sama.

Sekretaris BNPP, Widodo Sigit Pudjianto, mengatakan pembangunan miniature Patung Soekarno dilakukan bersamaan di semua PLBN pada hari ulang tahun BNPP kali ini. Perayaan puncaknya dilakukan di Motaain. Setelahnya, jelas Widodo Sigit Pudjianto, di semua PLBN akan dibangun rangkaian kegiatan ekonomi berupa PKSN (Pusat Kegiatan Strategis Nasional).

Ia berharap PKSN akan menjadi daya tarik tersendiri, baik untuk menggerakan sector ekonomi maupun pariwisata. (IJ)