BATAN Lakukan Sosialisasi Nuklir kepada Masyarakat

BATAN Lakukan Sosialisasi Nuklir kepada Masyarakat

BATAN melakukan sosialisasi tentang nuklir kepada masyarakat, di Puspiptek Serpong, Selasa (25/9). (SHNet/stevani elisabeth)

SHNet, Tangerang- Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang nuklir, di Puspiptek Tangerang, Selasa (25/9).

Deputi Bidang Teknologi Energi Nuklir BATAN Suryantoro mengatakan, sosialisasi dalam bentuk sarasehan yang bertema “Mendekatkan Teknologi Nuklir Pada Masyarakat” ini bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat sekitar kawasan nuklir Serpong dan manfaatnya.

“BATAN harus melakukan sosialisasi nuklir terhadap masyarakat khususnya masyarakat sekitar kawasan nuklir Serpong agar mereka tahu tentang nuklir dan manfaat-manfaatnya. Kami juga memberikan informasi tentang dampak dan risiko dari nuklir terhadap masyarakat serta jalur evakuasi untuk pekerja dan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, masih banyak orang yang belum perna mengunjungi reaktor, sehingga mereka membayangkan reaktor itu menyeramkan. “Hari ini, kami mengajak masyarakat mengunjungi reaktor,” lanjut Suryantoro.

Dia menjelaskan, kawasan nuklir Serpong ini memiliki reaktor serba guna G A Siwabessy, radio isotop dan radio farmaka

Kepala Pusat pendayagunaan Informatika Kawasan Nuklir Serpong Yusi Eko Yulianto menambahkan, BATAN telah membina hubungan baik dengan masyarakat di wilayah Tangerang Selatan seperti latihan kedaruratan dengan masyarakat.

Ia mengatakan, desain fasilitas nuklir yang ada di Serpong mengacu pada SOP keselamatan dari desain hingga kejadian kedaruratan. Pengawasan dilakukan oleh BAPETEN. “Alhamdulilah, kita bekerja sampai sekarang dengan pola seperti itu, sehingga tidak terjadi insiden. Ini modal kita untuk menjamin keselamatan lingkungan,” ujarnya. (Stevani Elisabeth)