Polri Melalui Satgas Nusantara, Akan Mencegah Adanya Berita Hoax

Polri Melalui Satgas Nusantara, Akan Mencegah Adanya Berita Hoax

SHNet, Jakarta – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan, Polri akan menguatkan peran Satgas Nusantara untuk mengantisipasi terjadinya ujaran kebencian dan informasi hoaks serta kampanye hitam jelang Pemilu 2019.

“Polri akan kuatkan kembali Satgas Nusantara untuk meminimalisir upaya-upaya perbuatan mlawan hukum, menekan penyebaran informasi hoaks, dan menekan upaya yang menghalalkan segala cara untuk memenangkan salah satu paslon,” kata Iqbal kepada wartawan di Mabes Polri, Jumat (10/8/2018).

Polri pun akan memaksimalkan upaya pencegahan terjadinya kasus ujaran kebencian dan hoaks dengan menggandeng seluruh pemangku kepentingan diantaranya tokoh masyarakat, tokoh agama, pemerintah pusat maupun daerah dan ormas.
“Negara harus hadir di tengah masyarakat,” katanya.

Polri meminta para peserta Pemilu, partai pendukung serta simpatisan agar berkampanye secara sehat dengan mensosialisasikan program-program mereka.
“Jangan menebarkan ujaran kebencian, hoaks hanya untuk memenangkan paslon tertentu,” katanya.

Pihaknya menegaskan tak segan untuk menindak siapapun yang melanggar hukum.
Menurut dia, upaya penegakkan hukum harus dilakukan agar ada efek jera bagi pelaku maupun orang lain yang berniat melakukan tindakan melawan hukum.

Kasus ujaran kebencian dan beredarnya informasi palsu biasanya meningkat jelang Pemilu. Kasus tersebut dihembuskan sebagai upaya kampanye hitam terhadap paslon lawan. (Maya Han)