Menjalin Kedekatan dengan Konsumen Lewat Inovasi Produk

Menjalin Kedekatan dengan Konsumen Lewat Inovasi Produk

Deretan penghargaan yang diraih DataPrint. (Ist)

SHNet, Jakarta- Ungkapan faktor kedekatan dapat memperkuat jalinan suatu hubungan. Hubungan yang bukan hanya antar manusia, tetapi juga berlaku dengan produk yang dihasilkan sebuah brand.

Brand yang sudah melekat di hati masyarakat, otomatis produk-produk yang dihasilkan mudah diingat oleh masyarakat.

Salah satu brand yang memproduksi refil tinta printer, telah berhasil membangun kedekatan dengan konsumen sejak puluhan tahun. Berkat dukungan masyarakat pula, brand tersebut meraih 10 penghargaan berturut-turut dari Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing.

“Kunci keberhasilan kami adalah memangkas jarak antara produk dengan konsumen. Dengan demikian, konsumen aware, lalu mengenal dan akhirnya menggunakan produknya,” ujar Head of Marketing and Promotion DataPrint, Siti Rahmayanti, di Jakarta, kemarin.

Refill tinta printer DataPrint dari segi kualitas sudah tidak diragukan lagi karena pengalamannya di pasar ini sudah selama 26 tahun. Eksistensi dari tahun 1992 silam bisa terus bertahan karena melakukan inovasi yang berkelanjutan. Ekstensifikasi produk juga diperhatikan DataPrint disesuaikan dengan keinginan dari konsumen.

Saat ini selain refill tinta printer tersebut juga menyediakan varian produk lain seperti berbagai jenis kertas foto dan compatible toner cartridge. Inovasi produk tersebut juga diperkuat dengan strategi lainnya yaitu mendekatkan produk mereka ke konsumen

Untuk menjadi dekat dengan konsumen, DataPrint menggunakan strategi pemasarannya dengan memaksimalkan peran distributor. Diakuinya distributor DataPrint kini sudah tersebar hampir di seluruh pelosok Indonesia. “Konsumen tidak perlu khawatir untuk mencari produk kami karena gampang dicari dan ditemui dimana saja,” kata Siti.

Keunggulan dalam luas jangkauan pasar tersebut juga diikuti dengan kedalamannya. Dalam disini mempunyai artian penetrasi pasar yang dilakukan oleh DataPrint. Terlihat agresivitas Dataprint dalam penetrasi pasar karena sudah menggarap pasar modern dan tradisional secara maksimal.

Ia juga memahami bahwa kedekatan ini harus terus di maintence dan dijaga dengan baik. Untuk itu ia juga mulai memaksimalkan pemasaran melalui kanal digital. Perkembangan digital yang siginifikan di Indonesia mulai ‘memaksa’ merk-merk melakukan peralihan/shifting menggunakan kanal baru ini termasuk DataPrint.

Kanal digital, terutama media sosial dan situs sharing video seperti twitter, Instagram, Facebook dan You Tube menjadi arena bermain baru bagi DataPrint untuk pemasaran. Kanal digital diakui Siti memberikan kemudahan bagi merk miliknya karena tidak hanya untuk melakukan pemasaran saja.

“Selain untuk pemasaran dengan fungsi awareness juga bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi dan edukasi kepada konsumen. Di Media sosial , konsumen bisa memberikan kritik dan saran kepada kami secara langsung. kami juga sering mengadakan promo dan kuis-kuis kepada konsumen. Sedangkan di YouTube menjadi saran edukasi kepada konsumen terhadap produk kami,” lanjutnya. (Stevani Elisabeth)