Melalui K3 Desa Majasari, Menjadi Desa Terbaik Di Indonesia

Melalui K3 Desa Majasari, Menjadi Desa Terbaik Di Indonesia

 

SHNet, Jakarta –  Perayaan Hari Kemerdekaan sudah usai, namun dari parhelatan yang dirayakan seluruh masyarakat Indonesia setahun sekali ini, ada cerita yang tersisa dimana Desa Majasari Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu ini menjadi Desa terbaik Nasional di Indonesia melalui kegiatan kebersihan/keindahan, ketertiban, dan keamanan yang biasa disingkat menjadi (K3).

Untuk.mencapai Desa terbaik, Pemerintah Desa Majasari giat menggerakkan warganya untuk berkreativitas mewujudkan lingkungan yang masuk dalam katagori K3. Dimana setiap warganya  menyulap lingkungannya dengan konsep kekinian yakni kampung millenial dengan berbagai pernak-pernik yang mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan indah, tertib, dan juga nyaman.

Kepala Desa Majasari, Wartono mengatakan di hari Kemerdekaan RI setiap gang dihiasi dengan lampu hias warna warni. Hiasan warna warni tersebut tidak hanya di depan gang saja, namun juga disepanjang gang dan dipagar rumah penduduk.

” Tidak hanya lampu hias saja, namun kami juga menganjurkan kepada warga untuk menanam sayuran  yang ditanam dengan media polybag, bahkan disetiap sudut RT disediakan areal terbuka berupa taman kecil untuk bermain dan bercengkrama,” ujar Wartono saat dihubungi SHNet, Senin (27/8/2018).

Sementara untuk mewujudkan keamanan, setiap gang/RT terdapat pos kamling dengan berbagai fasilitas komunikasi yang langsung terkoneksi ke kantor desa.

Kembali dikatakan Wartono,  pihaknya hanya memberikan stimulan dan semangat kepada warganya akan pentingnya K3.

” Ternyata peran serta dan kontribusi masyarakat sangat luar biasa mereka saling membantu dan menguatkan untuk mewujudkan lingkungan dimana tempatnya tinggal dengan senyaman mungkin,” paparnya lagi.

Untuk mengapresiasi warganya yang telah menyemarakkan bulan kemerdekaan dengan melaksanakan K3 tersebut, Pemerintah Desa Majasari memberikan apresiasi dan penghargaan kepada mereka yang menjadi terbaik yang berlangsung di halaman kantor desa tersebut yang dihadiri langsung Wakil Bupati Indramayu H. Supendi, Jum’at malam (24/08/2018) dan disaksikan oleh ratusan warganya.

Sementara itu Wakil Bupati Indramayu, H. Supendi mengatakan, apa yang dilakukan oleh warga Desa Majasari tersebut merupakan langkah yang sangat apresiatif dan bisa menjadi contoh nasional untuk menggerakan dan memberdayakan warga masyarakatnya.

“Apa yang dilakukan oleh warga Desa Majasari ini sangat luar biasa menjadikan kampung kreatif dan menunjukan sebagai kampung millennial dengan mewujudkan K3. Jangan malu kita untuk terus belajar dan berusaha,” tegas Supendi. (Maya Han)