Lis Purnomo Yusgiantoro: Alat Musik Kolintang Berhak Dapat Pengakuan UNESCO

Lis Purnomo Yusgiantoro: Alat Musik Kolintang Berhak Dapat Pengakuan UNESCO

SAMBUTAN - Ketua Dewan Pembina PINKAN Indonesia, Lis Purnomo Yusgiantoro saat memberikan kata sambutan pada pelantikan DPP PINKAN Indonesia periode 2018-2023 di Jakarta, Jumat (3/8). (SHNet/Nonnie Rering)

SHNet, JAKARTA – Alat musik kolintang terus disosialisasikan di seluruh Indonesia dan mendapat respons yang luar biasa. Tak saja dari kalangan orang tua, tapi anak-anak muda milenial pun mulai banyak yang bergairah mempelajari alat musik ini.

Karena itu, Ketua Dewan Pembina Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia, Lis Purnomo Yusgiantoro begitu yakin kolintang akan segera mendapat pengakuan dari United Nations Educational Scientific and Cultural (UNESCO) sebagai warisan budaya dunia.

 Hal ini dikatakan wanita yang masih cantik di usia yang sudah mencapai kepala 6 ini saat pelantikan pengurus DPP PINKAN Indonesia periode 2018-2023 di Jakarta, Jumat (3/8).

Menurutnya, kolintang adalah alat musik tradisional dari Sulawesi Utara yang merupakan warisan budaya Indonesia dan memang berhak mendapat pengakuan UNESCO.

 “Kami sadar perjuangan memang masih panjang tapi buat pengurus PINKAN yang sekarang dan kami semua mari terus berjuang agar alat musik kolintang ini bisa segera mendapat pengakuan UNESCO. Saya sendiri mendengar musik kolintang itu sangat nyaman dan bikin tenang,” kata Lis kepada SHNet.

Ia juga berpesan kepada pengurus yang baru dilantik agar terus berusaha dengan hati mengangkat citra musik kolintang ini dan terlebih harus dijaga jangan sampai diklaim oleh bangsa lain.

 “PINKAN harus ikut bertanggungjawab menjaga kelestarian warisan budaya Indonesia ini dan mari kita bergandeng tangan bersatu hati melestarikan budaya Indonesia yang sangat menarik ini agar tak saja dicintai di dalam negeri tapi bisa go internasional dan secepatnya mendapat pengakuan UNESCO,” harap Lis.   (Nonnie Rering)