Jumlah Pelajar Indonesia di Selandia Baru Meningkat

Jumlah Pelajar Indonesia di Selandia Baru Meningkat

Ist

SHNet, JAKARTA – Jumlah pelajar Indonesia yang memilih untuk mendaftar di institusi pendidikan kelas dunia di Selandia Baru terus meningkat, menurut data terbaru dari Education New Zealand (ENZ).

Tercatat lebih dari 1.248 pelajar Indonesia di Selandia Baru pada akhir tahun 2017 dan laporan terbaru dari ENZ menunjukan bahwa pada bulan Juni tahun ini, terdapat peningkatan sebesar 9 persen pada jumlah visa pelajar baru dari Indonesia dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Keberadaan delapan universitas di Selandia Baru, yang seluruhnya menduduki posisi tiga persen teratas di dunia menurut QS World University Rankings, yang telah mendorong terjadinya peningkatan ini.

Para pelajar Indonesia juga tertarik dengan sistem pendidikan Selandia Baru yang unik, yang menyediakan beragam program dan jurusan yang dirancang dengan baik. Di luar kurikulumnya, pelajar internasional pada tingkatan tertentu dapat bekerja paruh waktu selama semester kuliah dan hingga 40 jam per minggu selama libur semester.

John Laxon, Direktur Regional ENZ untuk Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Timur Tengah mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu pasar utama ENZ di kawasan ini dengan sejarah panjang dari kerja sama antara kedua negara.

“Sangat menggembirakan dapat melihat lebih banyak pelajar Indonesia memilih untuk menuntut ilmu di Selandia Baru. Para pelajar dan orang tua Indonesia mengakui bahwa Selandia Baru tidak hanya menawarkan pendidikan kelas dunia, tetapi juga koneksi dengan industri global yang benar-benar membantu karir para pelajar di masa depan. Dari pendekatan pengajaran yang inovatif hingga kualifikasi yang diakui secara internasional yang ditawarkan oleh Selandia Baru, pelajar dapat mengharapkan sebuah masa depan yang cerah setelah lulus dari lembaga pendidikan di Selandia Baru.”

Selandia Baru telah diakui sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia oleh Educating for the Future Index dari The Economist Intelligence Unit pada tahun 2017. Educating for the Future Index menilai Selandia Baru sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik secara keseluruhan, yang mendapatkan nilai penuh untuk kerangka kurikulum untuk keterampilan masa depan, kerja sama antara penyedia pendidikan dan industri, keragaman budaya dan toleransi, serta beberapa pengukuran lainnya.

Selama bertahun-tahun, banyak insiatif yang telah dilakukan untuk memberikan lebih banyak kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk belajar di Selandia Baru. Di tahun 2018, Universitas Indonesia dan Victoria University of Wellington meluncurkan program Pasca Sarjana pertama di Asia Pasifik dengan spesialisasi dalam inisiatif e-Government. Program e-government ini akan memberikan pengetahuan teknis yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan mengelola insiatif e-government seperti transformasi layanan digital untuk ahli bisnis di Indonesia. Sementara itu, program lainnya seperti New Zealand ASEAN Scholar Awards (NZAS) juga telah memungkinkan para pelajar Indonesia untuk belajar di Selandia Baru dan menikmati sistem pendidikan yang beragam dan inovatif.

Para pelajar dan orang tua yang tertarik untuk mempelajari lebih dalam tentang kesempatan menjalani pendidikan berkelas dunia di Selandia Baru dapat hadir di ENZ Fair di Jakarta pada Minggu, 16 September 2018.  (IJ)