“Design Thinking for Social Innovation” Lokakarya CECT, 15-16 Agustus 2018

“Design Thinking for Social Innovation” Lokakarya CECT, 15-16 Agustus 2018

Lokakarya “Design Thinking for Social Innovation” oleh CECT Universitas Trisakti, Rabu-Kamis, 15-16 Agustus 2018, di Kampus MM-Sustainability Trisakti, Menara Batavia Lantai 2, Jl. K.H. Mas Mansyur Kav. 126, Jakarta Pusat.

SHNet, Jakarta – Bila kita masih berpikir bahwa seseorang harus kalah agar orang lain menang, berarti kita masih mengikuti cara berpikir yang sudah usang. Logika kelimpahan baru menunjukkan kepada kita bagaimana caranya agar setiap orang dapat menang. Logika tersebut memungkinkan kita menghasilkan sistem yang benar-benar berdampak kepada masyarakat, tanpa mengabaikan aspek individu.

Bagaimana Anda dapat berpikir menurut logika tersebut?
Jangan khawatir, Anda dapat mempelajarinya dalam lokakarya (workshop) yang diselenggarakan Center for Entrepreneurship, Change, and Third Sector (CECT) Universitas Trisakti. Lokakarya ini akan diadakan pada Rabu dan Kamis (15-16 Agustus 2018), di Menara Batavia, Jakarta Pusat.

CECT akan kembali mengadakan lokakarya guna meningkatkan pengetahuan Anda untuk meraih Masa Depan Berkelanjutan (Sustainable Future). Kali ini, lokakarya CECT mengankat topik “Design Thinking for Social Innovation”.

Inovasi Sosial
Inovasi Sosial memungkinkan kita menciptakan suatu masyarakat di mana individu dan organisasi memiliki premis untuk membangun realitas yang membentuk paradigma baru dalam dunia kapitalisme. Masyarakat tempat bisnis, sistem, dan organisasi dibuat oleh orang dan untuk orang-orang, membangun solusi-solusi untuk menjawab kebutuhan sosial. Inovasi Sosial membawa perangkat inovatif dan keterampilan praktis untuk menciptakan nilai sosial dan ekonomi bagi perusahaan, LSM, koperasi dan sektor publik.

Cara Baru
Lokakarya ini memungkinkan peserta memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip dan konsep inovasi sosial, mekanisme utama dan alat serta terminologi pemikiran yang terjadi secara bersamaan di dunia. Program kami didasarkan pada cara baru berinovasi: berbuat baik dan baik.

Fokus dari lokakarya ini adalah penerapan inovasi sosial dalam praktik. Selama program peserta akan berpartisipasi dalam proyek menggunakan alat inovasi sosial dalam konteks yang berbeda.

Materi Lokakarya
Lokakarya ini membahas sejumlah materi, yakni:
1. Mekanisme Inovasi Sosial;
2. Cara menemukan peluang inovasi sosial untuk organisasi Anda;
3. Memberi masalah pada misi;
4. Kerangka jalur solusi untuk inovasi sosial;
5. Kanvas Inovasi Sosial.

Manfaat
Pada akhir lokakarya, para peserta akan:
1. memahami cara berinovasi dan menghasilkan dampak nyata dalam masyarakat;
2. memahami pendekatan untuk mempercepat dan meningkatkan cara menghasilkan solusi untuk kebutuhan sosial;
3. memperoleh alat-alat praktis untuk meningkatkan dampak organisasi Anda;
4. mendapatkan pelajaran tentang cara menjadi lebih kreatif dan inovatif di organisasi Anda dengan misi sosial dan memiliki repertoar untuk menciptakan solusi dengan dampak positif yang jelas.

Target Peserta:
Peserta yang cocok mengikuti Lokarya ini adalah:
1. Profesional dengan fokus pada CSR
2. Anggota dewan dan komite berbasis komunitas
3. Organisasi nirlaba
4. Perusahaan, koperasi yang ditugaskan untuk mengembangkan proposal proyek dan pendanaan
5. Dosen yang sedang melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat
6. Manajer Umum
7. Manajer Hubungan Masyarakat
8. Manajer Pengembangan Komunitas
9. Praktisi lain yang tertarik pada efektivitas pemantauan proyek komunitas atau proyek lainnya.

Fasilitator
Fasilitator lokakarya ini adalah Maria Nindita Radyati Ph. D, Dip, Cons., Dip. PM.

Maria memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman penelitian dan konsultasi dalam proyek-proyek terkait CSR dan Sektor Pendidikan Tinggi. Dia telah mendirikan dua program gelar Master yang mengkhususkan diri dalam CSR dan Kewirausahaan Sosial. Maria menyelesaikan PhD-nya dari University of Technology Sydney dan saat ini sedang melakukan Sertifikasi Internasional sebagai Konsultan Manajemen.

Informasi lebih lanjut
Bila Anda tertarik mengikuti Lokakarya ini, informasi lebih lanjut dapat Anda peroleh dengan menghubungi Justin di nomor 0812-9188-6387, (021) 5793 0117, atau surel: workshop@cectcsr.com. Informasi juga dapat Anda peroleh melalui https://www.cectcsr.com/products/design-thinking-for-social-innovation?. (whm/adv)