Batuhoda, Destinasi Baru di Danau Toba

Batuhoda, Destinasi Baru di Danau Toba

Pantai Batuhoda, destinasi wisata baru di kawasan Danau Toba. (Dok. Humas Kemenpar)

 

SHNet, Samosir– Kawasan Danau Toba, kini semakin cantik dengan hadirnya destinasi wisata baru yakni Batuhoda. Destinasi wisata pantai ini rencananya akan diresmikan awal September 2018.

“Batuhoda ini akan menjadi destinasi wisata pantai terbaru di Samosir. Dan akan melengkapi destinasi yang ada disekitar Danau Toba. Pantai ini belum dibuka untuk umum. Karena kita masih finishing dibeberapa bagian. Yang menarik dari pantai ini, adalah legenda yang ada di tengah-tengah masyarakat sekitar,” papar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Ombang Siboro, Sabtu (25/8).

Ia menjelaskan, masyarakat percaya jika dahulu ada kuda yang datang dari perairan dan terdampar di sini. Namun ia kesepian. Kuda itu mencari pasangan tapi tidak didapat. Akhirnya ia pun diam membatu. Batu tersebut dipercaya berada dipinggiran pantai dan diapit batu-batu lain.

“Dari kisah itu, pantai ini kemudian diberi nama Batuhoda. Yang artinya adalah batu kuda. Kebenarannya kita tidak tahu karena itu legenda. Tapi masyarakat sekitar mempercayai hal tersebut,” terang Ombang.

Menurut Ombang, Pantai Batuhoda adalah milik seorang warga. Namun, pengelolaan pantai ini dikerjasamakan dengan Dinas Pariwisata Samosir.

“Lahannya punya warga. Tapi dikerjasamakan dengan kita. Termasuk desain dan pengelolaannya itu dari kita. Nantinya kita juga merangkul masyarakat untuk berjualan di sini. Sistemnya bagi hasil. Tapi kulinernya juga ada standar kualitasnya. Karena kita tidak hanya merangkul wisatawan lokal dan nusantara, tetapi juga mancanegara,” paparnya.

Konsep Pantai Batuhoda sangat kekinian. Pantai di pinggiran Danau Toba itu memiliki sejumlah spot yang Instagramable. Ada spot berkonsep rumah, spot love. Ada juga lokasi di ketinggian yang keren. Dan sebuah rumah pohon berbentuk rumah burung.

Ikon pantai ini adalah sebuah patung kuda hitam. Patung ini terbuat dari material ban bekas. Menurut Ombang, patung ini dibuat oleh seniman lokal.

“Akan ada konsep glamcamp. Nanti kita sediakan area camping. Tapi rencananya juga didirikan penginapan. Namun hal ini akan dilakukan sambil berjalan. Jadi pantai ini akan benar-benar langkap,” paparnya.

Hadirnya destinasi wisata baru di Danau Toba, disambut baik Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menurutnya, Danau Toba sebagai destinasi prioritas memang harus dilengkapi dengan destinasi berkualitas. (Stevani Elisabeth)