Warga Adat Papua Dukung Jokowi-Moeldoko Capres-Cawapres 2019-2024

Warga Adat Papua Dukung Jokowi-Moeldoko Capres-Cawapres 2019-2024

ADAT - 7 tokoh adat Papua, mewakili berbagai wilayah adat di Papua, Minggu (22/7) siang, di Hotel Grand Allison, Sentani, Jayapura, membacakan dukungan untuk Joko Widodo dan Jend (purn) Moeldoko sebagai Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden periode 2019 – 2024. (Dok/SHNet)

SHNet, JAYAPURA – Dukungan terhadap Presiden RI Joko Widodo untuk kembali memimpin Indonesia terus mencuat. Kali ini datang dari wilayah Timur Papua.

Tepatnya pada Minggu (22/7), di Grand Allison Hotel Sentani, Jayapura, sebanyak 7 tokoh adat Papua, mewakili berbagai wilayah adat di Papua, membacakan Deklarasi dukungan untuk Joko Widodo dan Jend (purn) Moeldoko sebagai Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden periode 2019 – 2014. Deklarasi juga diikuti sejumlah tokoh Pemuda Papua.

Adapun para deklarator adalah sebagai berikut :Drs Jesaya Udam (tokoh wilayah adat Tabi, – Kab Sarmi, Kab dan kota Jayapura, Kab Kerom ), Matius Sawa. I, Yohanes Simson Kabiay BA, Yason Arwam AMD ( tokoh wilayah adat Saireri ) – Kab Biak NUmfor, Kab Sufiori, Waropen dan KabSerui ), Yuliana Ansaka ( tokoh adat perempuan Papua ), Timin Wenda, Martins Kasuai.

Yohanes Simson Kabiay, tokoh adat dari Nabire mengatakan kalau sosok Jokowi sebagai Presiden saat ini sudah membuktikan hasil kerja nyata luar biasa, merakyat dan punya prestasi di lapangan untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan yang ada di Papua, apalagi kalau didampingi sosok yang merakyat seperti Jend. Moeldoko.

Perwakilan dari tokoh adat perempuan Papua, Mama Yuliana Ansaka, menegaskan “Kami siap mendukung jokowi–Moeldoko karena selama ini berani turun ke desa-desa adat di pedalaman Papua.”

Yang membacakan deklarasi adalah tokoh wilayah adat Tabi, yang meliputi wilayah Kab Sarmi, kab dan kota Jayapura, kab Kerom, Drs. Jesaya Udam. “Deklarasi ini kami buat dengan tulus dan iklas karena kami yakin, dua putra terbaik bangsa ini bisa membawa Indonesia lebih sejahtera dan aman dari berbagai gangguan keamanan yang selama ini makin marak dengan gangguan terorisme serta sikap-sikap intoleransi” tambah Jesaya

“Presiden Jokowi adalah sosok yang sudah tidak asing lagi bagi kami warga Papua. Beliau berbuat banyak untuk Papua dan itu tak bisa dibantah,” tegas Yason Arwam AMD, tokoh adat mewakili wilayah adat Saireri yang meliputi kab Biak Numfor, Kab Sufiori, Kab Waropen dan Serui.

“Kedua tokoh ini, Jokowi dan Moeldoko adalah sosok pemimpin yang merakyat dan sudah banyak berbuat untuk rakyat, jadi kami mendukung 100 persen,” kata Yason.

Perwakilan masyarakat adat wilayah Pegunungan tengah dan pesisir, Timin Wenda, bersedia mengerahkan warganya untuk mendukung Jokowi karena sudah merasakan hasil kerja dari mantan Gubernur DKI itu, selama memimpin Indonesia kurang lebih 4 tahun ini.

“Kami siap mendukung pak Jokowi yang selama ini sudah menunjukkan pelayanannya sebagai pemimpin nasional “ tegasnya. (Nonnie Rering)