Usai Sua Jokowi, Presiden Mikronesia Akan Kunjungi Tanah Asalnya di Maluku

Usai Sua Jokowi, Presiden Mikronesia Akan Kunjungi Tanah Asalnya di Maluku

TERSANJUNG - Presiden RI, Joko Widodo merasa tersanjung dengan kunjungan Presiden Mikronesia berdarah Maluku, Presiden Mikronesia, Peter M.Christian, di Istana Bogor, Rabu (18/7). (Dok/SHNet)

SHNet, JAKARTA – Presiden Mikronesia, Peter M.Christian begitu sumringah ketika bertemu Presiden RI, Joko Widodo di Istana Bogor, Rabu (18/7). Christian memang tak banyak berbicara, tapi tampak dari raut wajahnya ia begitu gembira bisa berada di Indonesia yang merupakan tanah asalnya.

Kepada Jokowi, Presiden berdarah Ambon, Maluku ini mengemukakan kalau ia juga akan mengunjungi tanah asalnya di Ambon, Maluku, sekaligus pulang kampung.

Presiden Jokowi pun menyatakan rasa gembiranya dengan kunjungan Presiden Mikronesia ini. “Sungguh merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan kenegaraan Presiden Christian. Ini adalah kunjungan pertama beliau ke Indonesia sebagai Presiden dan saya merasa bangga dengan ini,” kata Presiden Jokowi.

Menurutnya, jarak Indonesia dan Mikronesia cukup jauh, sekitar 7 jam penerbangan, Indonesia dan Mikronesia memiliki banyak kesamaan. “Kita sama-sama negara kepulauan, Mikronesia punya 600 pulau dan Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau,” katanya.

Presiden Jokowi juga mengatakan Indonesia merupakan negara yang tidak asing bagi Christian. Jokowi pun menjelaskan kalau Presiden Mikronesia punya garis keturunan dari salah satu provinsi di Indonesia yaitu Maluku. Christian adalah generasi ketiga keturunan Maluku di Mikronesia.

“Pada kunjungan ke Indonesia ini beliau akan pulang kampung ke Ambon. Ini merupakan bukti kalau ikatan antar masyarakat kedua negara sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun silam,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengatakan kalau kunjungan Presiden Christian ke Indonesia menjadi tonggak baru bagi hubungan kedua negara. Hubungan yang dianggap saling menghormati dan saling menguntungkan. “Saya menghargai konsistensi komitmen Federasi Mikronesia untuk menghormati integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.  (Nonnie Rering)