Setiap Hari KPA Kota Kupang Temukan Penderita HIV/AIDS

Setiap Hari KPA Kota Kupang Temukan Penderita HIV/AIDS

 

SHNet, KUPANG-Hampir setiap hari KPA Kota Kupang temukan penderita HIV/AIDS. Fenomena gunung es terkait penyebaran virus mematikan di Kota Kupang itu perlahan-lahan mulai mencair dengan ditemukan berbagai macam gejala, baik itu masih dalam tahap HIV maupun AIDS.

“Perkembangan HIV di Kota Kupang dari April 2000 sampai April 2018 itu tercatat 1.323 kasus. Kemarin masih ada laporan ke saya ada temuan lagi. Hampir tiap hari ada temuan,” kata Sekretaris KPAD Kota Kupang, Stef Manafe saat menyampaikan laporan pada pertemuan koordinasi KPA Kota Kupang bersama kader warga peduli AIDS 51 Kelurahan di Aula rumah jabatan Walikota Kupang, Kamis (26/7/2018).

Manafe mengatakan, disatu sisi temuan tersebut patut diapresiasi tapi disisi lain temuan tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi komunitas Warga Peduli AIDS (WPA) yang tersebar di 51 kelurahan yang ada di Kota Kupang.

“Yang lebih miris setelah ditemukan, ulahnya minta ampun. Ada yang musti kita bujuk dan ada yang musti kita paksa. Ini artinya kader-kader WPA luar biasa,” kata Manafe.

Ia mengakui jika WPA merupakan petarung kemanusiaan. Karena tidak semua orang akan terpanggil menjadi petarung kemanusiaan yang bekerja tanpa mendapat sesuatu.

Jika semua stakeholder di Kota ini bersatu maka penyebaran HIV/AIDS bisa ditekan sehingga tiga tujuan pembentukan KPAD yakni zero new invection, zero death dan zero stigma and diskrimination dapat tercapai.

“Tujuan dari digelarnya pertemuan ini antara lain untuk mendapat masukan dari WPA untuk menyusun program kerja kedepan,” katanya.(DA)