Sehubungan Peristiwa “15 Januari” Berkas Hariman Di Pengadilan

Sehubungan Peristiwa “15 Januari” Berkas Hariman Di Pengadilan

Jakarta, 11 Juli 1974 – Berkas perkara Hariman Siregar dalam hubungan peristiwa “15 Januari” telah diterima Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tanggal 8 Juli yang lalu dari pihak Kejaksaan Tinggi DKI Jaya, demikian diungkapkan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Moh. Sumardjono SH kepada “SH” Kamis pagi.

Ketua Pengadilan Negeri tersebut atas pertanyaan mengatakan bahwa perkara mantan Ketua Dewan Mahasiswa Universitas Indonesia itu akan disidangkan oleh pengadilan dalam waktu yang secepat-cepatnya.

Dikatakannya, melihat tebalnya perkara, bisa jadi memakan waktu sampai dua minggu untuk mempelajarinya tapi majelis hakim yang akan mengadili perkara itu telah ditentukan yaitu Hakim Ketua Siburian SH dengan hakim anggota msaing-masing Hungudidojo SH dan Bremi SH.

Kakap atau teri
Menjawab pertanyaan lain Sumadijono mengatakan bahwa dalam peristilahan pengadilan tidak dikenal “kakap atau “teri” sambil senyum ia mengatakan istilah “kakap atau teri” dan “pos basah atau kering” semata-mata hanya istilah di kalangan umum.

Sidang perkara “15 Januari” yang akan menghadapkan Hariman Siregar sebagai terdakwa adalah terbuka untuk umum, kata Ketua Pengadilan Negeri itu “hanya perkara susila menurut HIR yang dilangsungkan dalam sidang tertutup”, katanya.
Sumardijono SH belum mengetahui siapa jaksa agung penuntut yang akan ditunjuk karena hal itu tergantung dari pihak Kejaksaan.

Tentang jenis perkara it nanti, menurut Sumardijono akan ditentukan oleh hakim yang sedang mempelajari berkas perkara tersebut “saya tidak berhak mengatakan perkara apa namanya karena masing-masing hakim itu mmpunyai hak otonom”.

Atas pertanyaan apakah Hariman Siregar sudah mempersiapkan pengacaranya, Sumardijono mengatakan : “Saya belum tahu tetapi kalau nanti sewaktu sidang dimulai misalnya Hariman Siregar meminta bantuan kepada hakim untuk mencarikan pengacaranya baru kami menghubungi Peradin”.

Hariman Siregar (24 tahun) seperti diketahui adalah mahasiswa kedokteran UI tingkat terakhir dan pada bulan Mei 1973 terpilih menjadi Ketua DM-UI periode 1973-1974. (Sinar Harapan).