Sambut Gerhana Bulan, Kampung Imah Noong Gelar Pasar Purnama

Sambut Gerhana Bulan, Kampung Imah Noong Gelar Pasar Purnama

Kampung Eduwisata Imah Noong di Lembang, Bandung menyediakan alat untuk mengamati gerhana bulan total. (Dok.imahnoong.wordpress.com)

SHNet, Bandung– Kampung Eduwisata Imah Noong yang terletak di Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Bandung menggelar Pasar Purnama untuk menyambut gerhana bulan total, Jumat (27/7).

Kegiatan Pasar Purnama ini muali berlangsung pukul 18.00 WIB hingga dini hari. Di Pasar Purnama ini, masyarakat Kampung Imah Noong akan menampilkan seni budaya Sunda diantaranya permainan alat musik calung, cerita anak-anak zaman dahulu saat menyambut gerhana bulan dan menjual hasil bumi.

Penggiat Imah Noong yang juga Peneliti Astronomi ITB Hendro Setyanto mengatakan, kegiatan Pasar Purnama ini memang rutin diselenggarakan setiap terjadi gerhana. Tujuannya, selain memberdayakan masyarakat, juga mengajak masyarakat untuk tertarik pada astronomi.

Ia menambahkan, dalam kegiatan ini, masyarakat juga dapat mengamati gerhana bulan total dengan alat yang telah disediakan pada Sabtu dini hari.

Di Imah Noong, kata dia, disediakan sekitar lima alat untuk mengamati gerhana bulan atau planet mars. “Mars pada tahun ini akan kembali lagi mendekati bumi. Jadi, sekitar dua tahun siklus mars akan mendekat dengan bumi. Jaraknya nanti cukup dekat, yaitu 0,3 AU (Astronomical Unit). Jadi mars akan terlihat cukup besar. Dari teropong itu akan terlihat kutub mars,” kata Hendro.

Ia menghimbau pada masyarakat Indonesia untuk meluangkan waktunya mengamati Gerhana Bulan Total nanti. Sebab, fenomena itu akan sangat indah dan menarik untuk disaksikan. (Stevani Elisabeth)