Presiden Ke Yogyakarta Resmikan Jalan Rute Gerilya Panglima Sudirman

Presiden Ke Yogyakarta Resmikan Jalan Rute Gerilya Panglima Sudirman

Jakarta, 9 Juli 1974 – Presiden Soeharto Rabu pagi tanggal 10 Juli akan menuju Yogyakarta untuk meresmikan jalan bekas rute gerilya Panglima Sudirman.
Jalan tersebut dimulai dari Kabupaten Wates DI Yogyakarta sampai ke perbatasan Jawa Timur dan telah diberi tanda berupa patok.

Jalan ini untuk selanjutnya akan digunakan sebagai tempat latihan dari Taruna Akabri.
Demikian Humas Sekneg memberitakan Selasa siang.
Bersama Presiden akan turut beberapa menteri diantaranya Menteri P dan K, Menteri Penerangan, Menteri PUTL, Menteri Sosial, Menteri Sekneg, KSAD, KASAU, KASAL, Kapolri, Menhankam/Pangab, Ketua DPR/MPR.

Ketika almarhum Panglima Besar Jenderal Sudirman memimpin gerilya ini, Presiden Soeharto menjabat Komandan Brigade Mataram dengan pangkat Letnan Kolonel.
Mantan ajudan dari Jenderal Sudirman antara lain adalah Mayjen Tjokropranolo yang sekarang menjabat sekretaris militer Kepresidenan dan Mayjen Supardjo yang sekarang menjabat Dubes RI di Malaysia.

Rombongan Kepala Negara akan kembali ke Jakarta Rabu sore.
Sementara itu, Sidang Dewan Stabilisasi Politik dan Keamanan Nasional yang seyogyanya berlangsung Selasa siang tidak ada.
Menurut keterangan Humas Sekneg, alasan tidak jadinya berlangsung sidang tersebut karena beberapa menteri tidak berada di Jakarta. (Sinar Harapan)