Pesan Aparatur Desa Seluruh Sumatera : Jokowi Lanjutkan

Pesan Aparatur Desa Seluruh Sumatera : Jokowi Lanjutkan

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (tengah) didampingi Gubernur Lampung Muhammad Ridho (kiri) dan Dirjen Bina Pemdes Kemandagri Nata Irawan (kanan) dalam acara Launching Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa," di Bandar Lampung, Rabu (18/7). (Ist)

SHNet, Bandar Lampung – Suara riuh rendah itu terdengar dari sebuah gedung di Jalan Pagar Alam, Kedaton, Bandar Lampung, Rabu (18/7), pagi hari. “Desa Maju, Desa Mandiri, Desa Sejahtera, Jokowi Lanjutkan”. Begitulah teriakan yang terdengar kencang, juga gamblang.

Kata-kata itu diteriakan Kepala Desa dan Aparatur Desa seluruh Sumatera. Pagi itu, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Bina Pemdes Kemendagri) sedang menggelar Launching Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa.

Acara itu dihadiri 2.100 Kepala Desa dan Aparatur Desa. Adapun pembicaranya berasal dari Kementerian Keuangan, Kementerian Desa, dan Komisi II DPR. Acara itu untuk memberikan pembekalan penggunaan dana desa untuk pembangunan ekonomi dan kesejahteraan rakyat desa.

Kata-kata itu diteriakan berulang-ulang, sebelum kedatangan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, hingga saat ia berpamitan meninggalkan acara. Tjahjo mengaku tidak bisa mengikuti acara tersebut sampai tuntas karena pada hari itu juga ia harus menghadiri rapat kabinet bersama presiden Joko Widodo.

Mendengar “yel-yel” untuk Jokowi itu, Tjahjo tersenyum. Namun, ia kemudian berkata, “ini bukan kampanye. Banyak yang telah dikerjakan, wajar masyarakat berterimakasih pada Pak Jokowi”.

Ia menyampaikan gurauan untuk para kepala desa dan aparaturnya. Katanya, supaya kuat dan berkelanjutan, para kepala desa sebaiknya minum STMJ alias Susu Telor Madu Jahe. “Tapi kalau saya STMJ, saya tetap milih Jokowi,” ujarnya yang disambut tepuk tangan lagi.

Setelah kepergian Tjahjo dari tempat itu, beberapa perangkat desa juga masih meneriakan “yel-yel” tersebut secara sporadis, sambil tersenyum. (TH)