Pers Arab Tentang Almarhum Soekarno

Pers Arab Tentang Almarhum Soekarno

Kairo, 30 Juni 1970 – Berita meninggalnya mantan Presiden Indonesia Ir. Soekarno pada tanggal 21 Juni yang lalu telah menjadi pemberitaan yang aktual bagi harian yang terbit di Kairo.
Harian Goumhuriah (Republik) memberitakan meninggalnya Ir. Soekarno sebagai meninggalnya seorang tokoh terkemuka di dunia dengan jasa-jasanya terhadap tanah air.

Dikatakan bahwa Ir. Soekarno meskipun terlibat dalam Coup yang gagal tanggal 30 September 1965 oleh PKI yang dapat ditumpas oleh Orde Baru, tapi Ir, soekarno adalah seorang tokoh Proklamator, yang memproklamirkan kemerdekaan RI tahun 1945.

Harian setengah resmi Al-Ahram dalam halaman pertamanya telah memuat berita meninggalnya Ir. Soekarno dengan fotonya. Riwayat hidup Soekarno dimuat secara terperinci oleh AL-Ahram.
Al-Ahram berpendapat bagaimanapun jasa Ir. Soekarno tidak dapat kiranya dilupakan begitu saja. Upacara pemakamannya juga mendapat tempat dalam berita Pers di Kairo.

Harian berbahasa Inggris “The Egyptian Gazette” memberitakan bahwa RPA secara resmi mengibarkan bendera setengah tiang dari tanggal 22 s/d 28 Juni, tanda ikut belasungkawa, demikian pula pada KBRI Kairo.

Harian Al-Achbar memberitakan bahwa Presiden Nasser telah mengirimkan ucapan belasungkawa atas berita meninggalnya bekas Presiden Soekarno. Kawat belasungkawa tersebut dikirimkan satu kepada Presiden Soeharto dan satu lagi kepada keluarga Ir. Soekarno. (Ant-Pos Ud)