Peradilan 15 Januari Akan Jadi Surprise

Kepala Bakin

Peradilan 15 Januari Akan Jadi Surprise

Jakarta, 3 Juli 1974 – Kepala Bakin Yoga Sugama mengatakan bahwa “kakap” dari peristiwa `15 Januari akan disidangkan ke depan pengadilan 2-3 bulan yang akan datang dan akan merupakan suatu surprise.

Memberikan keterangan selesai menemui Presiden Soeharto di Istana Merdeka, Rabu siang, Kepala Bakin membenarkan bahwa kasus Mardanus dan kasus Rahmadi yang diungkapkannya di depan DPR adalah merupakan kasus “teri”.
Ia tidak bersedia menyebutkan nama dari kasus “kakap” tersebut di atas.

Atas pertanyaan tentang motif pembunuhan atas pendeta Counstable, Kepala Bakin menganjurkan pers untuk menanyakan pada Komdak Metro Jaya.

Atas pertanyaan lain membenarkan bahwa China yang menyusup ke Indonesia tidak hanya dari Timor Portugis tapi juga lewat kota yang terdekat dan juga dari Kalimantan.

Menjawab pertanyaan langkah pencegahan apa yang dapat dilakukan untuk mencegah menyusupnya orang China dari Timor Portugis, Kepala Bakin mengatakan secara resmi Indonesia dengan Timor Portugis tidak punya hubungan dan yang ada sekarang ini hanyalah pos penjagaan di perbatasan terhadap orang-orang yang masuk secara tidak resmi.

Perwakilan yang ada menurut Yoga Sugama, hanyalah konsul perdagangan. (SH)