Pelaku Bom Bangli, Pernah Gabung di JAD

Pelaku Bom Bangli, Pernah Gabung di JAD

SHNet,  Jakarta – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Mohammad Iqbal mengatakan, A als AR terduga pelaku ledakan bom di sebuah rumah kontrakan di Kelurahan Pogar, Bangil, Pasuruan, Jawa Timur adalah kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

“Terduga pelaku masuk dalam jaringan JAD,” kata Iqbal di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan pada Jumat (6/7).

Menurutnya, berdasarkan hasil penyelidikan sementara polisi A dalam kesehariannya bergaul dengan sejumlah rekan-rekannya yang merupakan narapidana kasus terorisme.

Dan A sendiri,  merupakan mantan narapidana kasus terorisme yang ditahan pada 2010 setelah dinyatakan bersalah dalam kasus bom sepeda di Kalimalang, Jakarta Timur pada 2010.

Iqbal menambahkan A telah menyatakan diri berbaiat pada kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Kesehariannya pelaku dari berbagai bukti yang kami temukan bergaul intim dengan rekan-rekan narapidana terorisnya sendiri dalam suatu pengajian dapat kami duga,” ujarnya.

Sementara itu dalam kesempatan terpisah, Kabid Humas Polda Jawa Timur Komisaris Besar Frans Barung Mangera memastikan bom yang meledak di pasuruan adalah bom ikan.

“Sekarang hasilnya sudah ada low explosive jenis bom ikan, tak terbantahkan berdasarkanscientific identification Polda Jawa Timur,” ujar dia saat dikonfirmasi ,Jumat (6/7).

Sampai saat ini pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap pelaku. Frans juga masih enggan untuk mengaitkan terduga pelaku memiliki jaringan dengan kelompok teroris, atau terkait terorisme.

Warga Kelurahan Pogar, Bangil, Pasuruan, Jawa Timur dikejutkan dengan tiga kali suara ledakan dari salah satu rumah kontrakan.

Ledakan pertama, sempat tercium bau mesiu di dalam rumah dan terjadi kembali ledakan kedua. Ketika warga menjauh, penghuni rumah yang terdiri atas kepala keluarga berinisial A dan istri serta anaknya keluar dari rumah.

Sang istri dan anak diamankan polisi, sementara A alias AR kabur menggunakan sepeda motor.

Sang anak mengalami luka. Setelah mendapatkan perawatan di RSUD Bangil, sang bocah dipindah perawatannya ke RS Bhayangkara Polda Jatim. (Maya Han)