Nurdin Tampubolon: Jokowi Masih Layak Didukung di 2019-2024

Nurdin Tampubolon: Jokowi Masih Layak Didukung di 2019-2024

DISKUSI - Anggota DPR-RI, Nurdin Tampubolon (kanan), saat hadir sebagai pembicara dalam diskusi bertajuk 'Mencari Sosok Pemimpin Nasional Sipil - Militer 2019-2024' di Warung Daun Cikini, Jakarta, Rabu (11/7). (Dok/SHNet)

SHNet, JAKARTA – Pemilihan Presiden (Pilpres) akan digelar tahun depan. Siapa sesungguhnya yang layak menjadi pemimpin negeri ini akan diputuskan oleh rakyat karena pemeran utama adalah rakyat dan harus disuguhi pilihan yang terbaik.

 Hal ini pun yang dibicarakan dalam diskusi bertajuk ‘Mencari Sosok Pemimpin Nasional Sipil – Militer 2019-2024’ di Warung Daun Cikini, Jakarta, di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (11/7) sore.

Hadir sebagai pembicara dalam diskusi ini adalah Anggota DPR RI Ir. Nurdin Tampubolon MM, Ketua Program Pasca Sarjana Kesos UI Prof. Dr. Bambang Shergi Laksomono serta Ketua Program Study Ilmu Politik dan Pengamat Militer UKI Dr. Sidratahta Mukhtar.

 Dalam diskusi bertajuk mencari sosok pemimpin nasional sipil militer, Anggota DPR RI Nurdin Tampubolon menjelaskan untuk mencari sosok pemimpin masa depan harus melihat kebutuhan bangsa dalam tahun ini maupun 5 tahun ke depan. Dalam era pemimpin nasional saat ini, pemerintahan Jokowi-JK sudah melakukan berbagai usaha demi terciptanya keberhasilan dan perubahan yg signifikan.
 “Jokowi berusaha melakukan pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia dengan visi misi yg terukur, revolusi mental dan nawacita yakni membangun Indonesia dari pinggiran, pertumbuhan ekonomi merata dan pembangunan infrastruktur yg luar biasa,” jelas Nurdin yang merupakan kader Partai Hanura ini.

Ia pun menegaskan, Jokowi layak di dukung di 2019-2024 dan wapresnya adalah sosok yang bisa menangani masalah intoleransi, terorisme, penanggulangan narkoba, hate speech atau hoax dan meningkatkan sumber daya lokal yaitu kemandirian bangsa. Dan yang biasa menangani masalah-masalah keamanan adalah sosok dari kalangan militer.

 Terkait dengan sosok ideal presidenan, tentu hanyalah Jokowi yang berhak menentukan pilihannya, begitu menurut Nurdin. “Sosok yang ideal diserahkan kepada Presiden. Kita cukup memberikan kriteria dalam periode kepemimpinan di tahun 2019-2024,” lanjutnya.

Sementara itu, pengamat militer dr UKI Sidratahta menjelaskan pemimpin nasional harus mempunyai akuntabilitas yang tinggi, dan leadership yang kuat.

 “Sehingga figur milter dan sipil sangat dibutuhkan dalam kriteria pemimpin presiden. Milter yang memiliki visi untuk membangun bangsa yang dibutuhkan berbagai perannya yang dimiliki diperhitungkan di masyarakat” jelas Sidratahta. Ia juga berharap, dalam menyeleksi kepemimpinan bangsa juga harus dilandasi dengan objektif dan rasional

Sementara itu, Ketua Program pasca sarjana Kesos UI, Bambang Sergi Laksmono menegaskan kapasitas dalam mengenal potensi daerah dan paham profil perekonomian nasional sangat dibutuhkan dalam mencari sosok pemimpin presiden mendatang.

 “Kriteria yang tepat untuk menempatkan posisi pemilihan pemimpin nasional, kapasitas dalam melakukan sesuatu perspektif yang visioner tetapi juga bisa menurunkan tata laksana hitungan tahun dalam pembangunan nasional sehingga dapat mengedepankan rangkaian kerja secara sistematik,” kata Bambang.   (Nonnie Rering)