KTT ASEAN Dipastikan Di Manila

KTT ASEAN Dipastikan Di Manila

Jakarta, 14 Juli 1972 – Menteri Luar Negeri negara-negara Asean telah menyelesaikan diskusi mereka yang berlangsung selama 3 hari di Manila dan kini tengah merumuskan konsep dari penyataan bersama untuk diumumkan hari ini, demikian Menlu Filipina Carlos Romulo mengatakan.

Menurut dari sumber konferensi di Manila para Menlu telah mencapai suatu kesepakatan mengenai tanggal dari KTT yang diusulkan bagi pemimpin negara Asia Tenggara yang akan diadakan di Manila.

Presiden Pilipina Ferdinand E. Marcos mengusulkan KTT untuk membahas situasi yang berkembang akibat detente dari negara besar di Asia.
Pertemuan itu dihadiri oleh Menlu Malaysia, Indonesia, Pilipina, Muangthai dan Singapura.

Sementara itu AP dari Manila, yang mengutip sumber diplomatik mengatakan KTT itu akan diadakan sebelum September yang akan datang, yaitu sebelum berlangsungnya Sidang Umum PBB di New York tetapi rencana ini juga belum dipastikan.
Presiden Ferdinand Marcos Kamis malam mendesak agar Asean mengadakan konferensi puncak Asean guna memecahkan masalah Asia.

Ia mengatakan di depan pertemuan para Menlu Asean di Manila bahwa sejak awal 1966 ia telah menganjurkan diadakannya satu forum Asia dimana para pemimpin dari negara Asia akan bertemu dan secara bebas membahas masalah serta mencoba memecahkannya dengan satu cara Asia.

“Barangkali sekarang waktunya bagi Asean memperkarsai satu seruan bagi satu forum Asia”, demikian Presiden Marcos.
Ia mengatakan bahwa ia menyadari kesukaran serta kemungkinan bahwa forum serupa itu bisa berbalik menjadi situasi berbahaya dan bukannya menyelesaikan konflik.

Tapi kata Presiden Pilipina tersebut dengan kewarganegaraan dari para pemimpin dan Menlu yang berkwalitas tinggi yang bernafas didalam Asean, saya optimis bahwa forum serupa itu akan segera terbentuk Marcos. (AFP/AP/Rtr)