KPU Beri Waktu Tiga Hari Untuk Gugat Hasil Pilgub Ke MK

KPU Beri Waktu Tiga Hari Untuk Gugat Hasil Pilgub Ke MK

 

SHNet, KUPANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT) memberi waktu hanya tiga hari kepada pasangan lain untuk menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) setelah selesai melakukan pleno rekapitulasi perolehan suara.

Sesuai hasil pleno di KPU NTT,
pasangan Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Nae Soi (Victory-Joss) sebagai Gubernur-Wakil Gubernur NTT terpilih.

“Setelah penetapan hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara maka kami masih menunggu surat atau rekomendasi dari MK apakah terdapat gugatan atau tidak,” kata Ketua KPU NTT Maryanti Adoe, Rabu (11/7/2018).

Waktu yang diberikan hanya tiga hari saja kepada pasangan calon yang ingin mengajukan sengketa hasil perolehan suara di MK. Jika dalam tiga hari sejak ditetapkan hasil rekapitulasi perhitungan suara, namun tidak ada yang mengajukan gugatan perselisihan hasil perolehan suara di MK, maka KPU harus menunggu pemberitahuan tertulis dari MK. Setelah itu baru KPU boleh melakukan penetapan pasangan calon terpilih.

Calon Gubernur NTT terpilih, Viktor Laiskodat mengatakan kemenangan pasangan Victory-Joss adalah kemenangan rakyat NTT.

Ia berjanji Victory-Joss pasti merealisasikan janji-janjinya setelah dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur NTT.

“Victory-Joss akan merealisasi janji-janjinya saat kampanye. Ini demi kepentingan rakyat NTT. Kemenangan Victory-Joss adalah kemenangan rakyat NTT,” kata Viktor.(DA)