Kemendagri, Sukseskan OSS Hingga Kedaerah

Kemendagri, Sukseskan OSS Hingga Kedaerah

SHNet,  Jakarta – Direktur Dekonsentrasi Tugas Pembantuan dan Kerja Sama Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri,  Sugiarto mengatakan salah satu dukungan dalam mensukseskan Online Single Submission (OSS) , dengan memberikan pembinaan pada daerah dan sinkronisasi aturan tentang OSS melalui aturan daerah.

Melalui OSS ini,  khususnya di daerah dapat melakukan perijinan dan kepala daerah harus mendelegasikan perijinan kepada DPMPTSP khususnya disetiap daerah.

“Namun demikian,  kami harus melakukan pembinaan keseluruh kabupaten, karena untuk perijinan ini harus memiliki tempat usaha, “kata Sugiarto dalam acara Media Forum di Kemendagri,  Jumat (20/7/2018).

Kembali dikatakannya,  bila daerah tersebut tidak mendelegasikan kepada DPMPTSP maka daerah itu bisa dikenakan sanksi.

“Saksinya yaitu,  dengan melakukan pemotongan DAU atau DAK, ” ujarnya lagi.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, I Gede Suratha,  Sesditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri mengatakan, dalam pelayanan OSS baik itu badan usaha atau perorangan harus menggunakan NIK.

Yang secara otomatis akan dapat terintegritas dengan data kependudukan di Kemendagri. OSS sendiri mencakup sebagian ijin untuk memulai usaha, belum mencakup perijinan teknis berusaha.  Dimana sebelumnya pengurusan ijin usaha harus dilakukan semi online.

” Jika tidak valid data kependudukannya,  tentunya kami tidak dapat memberikan ijin atau melanjutkan OSS,” paparnya lagi.  (Maya Han)