Ironman 70.3 Digelar, Bintan Bakal Diserbu Wisman

Ironman 70.3 Digelar, Bintan Bakal Diserbu Wisman

Menteri Pariwisata Arief Yahya saat jumpa pers Ironman 70.3, di Jakarta, Rabu (11/7). (SHNet, stevani elisabeth)

SHNet, Jakarta- Ironman 70.3 yang merupakan lomba lari, renang dan balap sepeda akan digelar di Bintan, Kepulauan Riau pada 18-19 Agustus 2018. Event sport torism in bakal membuat Bintan diserbu oleh wisatawan mancanegara (wisman).

Menteri Pariwisata Arief Yahya meyakini Ironman 70.3 yang masuk dalam Top 10 Calender of Event Kementerian Pariwisata, dapat mendongkrak kunjungan wisman ke Indonesia.

“Di Kepri total ada 6 even yang masuk Top 100. Dari 6 event itu, 3 diantaranya berada di Bintan salah satunya Ironman 70.3. Disisi lain untuk urusan Sport tourism Kemenpar menetapkan Sumsel sebagai destinasi sport tourism. Lalu tanpa harus diformalkan saya kira Bintan berada di nomer dua,” ujarnya dalam jumpa pers Ironman 70,3, di Jakarta, Rabu (11/7)

Menurutnya, penyelenggaraan sport tourism internasional seperti Ironman 70.3 Bintan memiliki dua impact yaitu direct impact dan indirect impact. Direct impact yakni kedatangan wisman sebagai peserta maupun supporter-nya dan mereka membelanjakan dolar mereka di Bintan.

Sedangkan indirect impact berupa pemberitaan yang luas ke mancanegara atau sebagai media value. “Karakteristik wisman pasif itu, mereka datang untuk menonton, seperti perhelatan wisatawan yang datang nonton Motor GP di Singapura misalnya. Namun jika yang aktif itu ikut berpartisipasi. Di Indonesia sendiri itu persentasinya 55 persen yang aktif dan 45 persen yang pasif,” ujarnya.

Ia juga menyebut, dampak langsung sport tourism memang tidak akan terlihat langsung besar. Namun, ada sisi lain dari sport tourism yang bisa menjadikan sebuah destinasi makin kondang.

“Dampak yang paling besar adalah media value-nya. Maka, promosinya harus menjadi prioritas, baik sebelum, selama, dan setelah event. Event sport tourism value tertinggi dari broadcasting sebesar 60 persen. 30 persennya adalah advertising, jersey, marchendise, aksesori, souvenir. Dan 10 persen ticketing. Sport event tak bisa berdiri sendiri. Maka perlu sponsor,” kata Menpar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Luki Zaiman Prawira menambahkan, Ironman 70.3 mendapat antusias luar biasa dari peserta. Terbukti jumlahnya hampir mencapai target bahkan bisa melebihi target yang ditetapkan.

Update peserta hingga hari ini mencapai 1.160 peserta dari target 1.200. Namun kami sudah sepakat bahwa target kami naikan menjadi 1.400 hingga 1.500 hingga menjelang acara berlangsung. Dan Ironkids fun run sebanyak 300 peserta dan sudah ditutup,” ujar Luki Zaiman Prawira.

Luki mengatakan, peserta paling banyak dari Singapura sebesar 59 persen. Lalu ada dari Australia 11 persen, Hongkong 4 persen, Malaysia, Amerika Serikat, Jepang masing-masing 2 persen, negara lain 10 persen, serta dari Indonesia sebanyak 10 persen.

Event ini akan dipusatkan di Plaza Lagoi. Yaitu pusat pengembangan pariwisata yang berada di Teluk Lagoi kawasan Bintan Resorts.

Para atlet Ironman 70.3 akan memulai dengan berenang sejauh 1.2 mil (1.9 km) di air yang tenang dan jernih. Dengan pemandangan dasar laut yang indah. Dilanjutkan dengan bersepeda di jalanan Bintan yang mulus dan lebar sepanjang 56 mil (90 km) Dan diakhiri dengan lomba lari dalam 3 lap sepanjang 21 km.

General manager PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Abdul Wahab menjelaska, dari segi infrastruktur, Bintan sudah siap menyambut wisman khususnya mereka yang hobi bersepeda.

“Di Bintan, satu-satunya tempat anda bisa bersepeda hampir 200 Km tanpa ada lampu lalulintas,” ujarnya. (Stevani Elisabeth)