Direktorat PFM Perdesaan Gelar Rapat Koordinasi Teknis Bantuan Sosial Pangan

Direktorat PFM Perdesaan Gelar Rapat Koordinasi Teknis Bantuan Sosial Pangan

Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Bantuan Sosial Pangan Wilayah I, di Palembang 18-21 Juli 2018. (Ist)

 

SHNet, Palembang- Direktorat Penanganan Fakir Miskin Perdesaan melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis Bantuan Sosial Pangan Wilayah I di Hotel Horison Ultima, Palembang pada 18-21 Juli 2018.

Rapat tersebut dibuka oleh Ketua Komisi VIII DPR RI M Ali Taher. Dalam arahannya, Ali Taher mengingatkan para peserta Rakortek untuk selalu memperhatikan fakir miskin dan menempatkan mereka sebagai manusia seutuhnya.

“Jangan menjadi pemimpin yag asyik dengan dunianya sendiri. Sapa mereka dengan hatimu dan kejujuranmu,” tegasnya.

Dia mengatakan, keakuratan Basis Data Terbadu (BDT) masih menjadi kendala. Oleh sebab itu, ia berharap, permasalahan ini dapat dipecahkan bersama dalam Rakortek. “Dengan akurasi data, pekerjaan supervisor akan semakin terarah,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur PFM Perdesaan Naziarto mengatakan, penyaluran Bansos pangan masih menghadapi kendala antara lain terkait: keakuratan dan validasi data penerima Bansos, koordinasi dan sinkronisasi dengan pemerintah daerah (belum ada komunikasi yang efektif), serta peran dan tanggung jawab perbankan.

Ia mengapresiasi kinerja Dinas Sosial seperti Dinsos Provinsi Bengkulu dan Provinsi Jawa Barat yang melakukan penyaluran Bansos dengan baik. “Berkat BPNT, angka kemiskinan jadi 9,82% yang sebelumnya menurut BPS pada bulan September 2017 adalah 10,12 %,” papar Naziarto. Ia berterimakasih karena pelaksanaan program BPNT, angka kemiskinan dapat turun signifikan. (Stevani Elisabeth)