BNN Tangkap dan Tahan Lima Tersangka Sindikat Narkoba

BNN Tangkap dan Tahan Lima Tersangka Sindikat Narkoba

SHNet, Jakarta – Badan Narkotika Nasional (BNN)  telah melakukan penindakan terhadap lima sindikat narkoba di Surabaya. Kelima tersangka itu kini telah ditahan.

“Lima tersangka ditahan, AW (pengusaha), AR (narapidana), AAS (narapidana), TSB (wanita, pengusaha), LB (exchange),” kata Deputi Pemberantasan BNN Arman Depari dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (31/7/2018).

Arman menjelaskan, modus operandi para tersangka adalah mentransfer uang hasil penjualan narkoba. Kemudian, uang tersebut disimpan di dalam rekening, sebagian dikirim ke luar negeri.

” Selain itu, pada kasus yang sama juga dilakukan penyidikan terkait tindak pidana pencucian uang (TPPU),” ujar Arman lagi.

Kembali dijelaskan Arman,  sebagian lainnya ditukar dengan valas. Uang itu dibelikan pula rumah, mobil, serta tanah atau bangunan di Jakarta, Surabaya, Cilacap, Tangerang, Taiwan, dan sebagainya, serta perhiasan.

BNN menyita sejumlah barang bukti, antara lain uang dan aset sejumlah sekira Rp 25 miliar. Pada hari ini, imbuh Arman, Kepala BNN Heru Winarko akan melakukan konferensi pers terkait pengungkapan kasus tersebut. (Maya Han)