Asyiknya Belajar di Dunia Maya

Asyiknya Belajar di Dunia Maya

CEO Zenius Education Wisnu Subekti. (SHNet/stevani elisabeth)

SHNet, Jakarta- Pencapaian belajar anak-anak bukan ditentukan oleh nilai 100 yang diperolehnya, tetapi bagaimana si anak merasa senang atau asyik karena dia mengerti konsep untuk menyelesaikan soal tersebut.

Hal itu diutarakan oleh CEO Zenius, Wisnu Subekti kepada wartawan, di Jakarta, kemarin. Zenius merupakan perusahaan education technology yang punya komitmen membangun generasi bangsa yang mempunyai nalar yang baik.

Wisnu mengatakan, selama ini banyak pelajar Indonesia yang bisa menghafal soal, tanpa mengerti konsep memecahkan soal tersebut. Bimbingan belajar (Bimbel) di Indonesia juga senang mengajarkan anak-anak dengan sistem cara cepat.

“Kalau anak diajarkan dengan hafalan, seperti menghafal soal,tanpa anak mengerti konsep, itu jelas membuat anak-anak tidak menarik belajar. Akibatnya belajar menjadi tidak asyik,” ujarnya.

Pendiri Zenius Education , Sabda PS mengatakan, prinsip dari Zenius adalah memberikan pengalaman belajar yang asyik bagi anak-anak. “Anak-anak harus ketagihan dengan isi videonya. Prinsip lain, membangun logika dan literasi ilmiah., latihan terencana dan belajar tuntas,” ujarnya.

Didirikan pada 2007, Zenius Education sebagai salah satu pemain digital pertama di ekosistem pendidikan Indonesia, selalu berusaha menyediakan materi belajar yang fokus pada pemahaman konsep dan penalaran ilmiah.

Cara mengaksesnya juga mudah. Cari google, kemudian ketik Zenius,net. Akan keluar materi dan soal-soal yang bisa didownload gratis.

Dalam satu bab pelajaran, ada beberapa video. Video pertama gratis, sedangkan video berikutnya berbayar. Sabda menjelaskan, ada 3 produk dari Zenius Education yaitu Zenius.net, Zenius Xpedia dan Zenius Prestasi.

Zenius.net merupakan website yang berisi 74.000 video pembahasan materi untuk 11 mata pelajaran jenjang SD-SMA yang telah disesuaikan dengan kurikulum KTSP, kurikulum 2013 dan kurikulum 2013 Revisi.

Zenius Xpedia mencakup akses belajar online (web)maupun offline (paket DVD), forum diskusi online, 3.500 paket latihan try out online untuk persiapan SBMPTN.

Zenius Prestasi merupakan learning management system dengan generator soal yang memproduksi lebih dari 1 juta soal didesain untuk memudahkan guru merangkai soal ujian. (Stevani Elisabeth)