1000 Organisasi Perempuan Berkumpul di Yogyakarta Bulan September  

1000 Organisasi Perempuan Berkumpul di Yogyakarta Bulan September  

Ist

 

SHNet, JAKARTA – Sebanyak 1000 organisasi perempuan yang tergabung di Kowani, BKOW, GOW dan organisasi lainnya di seluruh Indonesia akan mengadakan Temu Nasional Perempuan Indonesia.

Pertemuan tersebut digagas oleh Kongres Wanita Indonesia (Kowani) bekerja sama dengan Kemnterian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam rangka “90 Tahun Perjuangan Perempuan Indonesia Menjadi Ibu Bangsa Sejati Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Jaya”.

Tujuan pertemuan tersebut adalah memposisikan perempuan Indonesia sebagai bagian integral dari program dunia, dan akan dilaksanakan pada tanggal 12 September 2018 di Hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta. Menurut rencana pertemuan tersebut akan dibuka oleh Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

Dengan motto “Kowani Berdaya – Perempuan Berkarya – Negara Jaya”, Temu Nasional Permpuan Indonesia itu juga akan membahas bagaimana perjuangan perempuan Indonesia dari awal pergerakan mengisi kemerdekaan hingga waktu yang akan datang. Bagaimana perempuan Indonesia menjadikan dirinya sebagai Ibu bangsa yang sejati dan bagaimana peran pentingnya dalam mewujudkan Indonesia jaya.

Komitmen Kementerian BUMN terhadap Perempuan Indonesia dalam kegiatan ini sejalan dengan visi BUMN yakni sebagai agen pembangunan di semua lini. Cita-cita untuk mencerdaskan perempuan Indonesia menjadi bagian dari usaha pembangunan yang berkeadilan.

Kegiatan Temu Nasional Perempuan Indonesia akan dilanjutkan dengan kegiatan General Assembly International Council of Women (GA ICW) Ke-35 dengan tema “Transforming Society Through Women Empowerment”, pada tanggal 13-18 September 2018.

GA ICW Ke-35 rencana dibuka oleh  Presiden RI. Ir. H. Joko Widodo dan akan dihadiri kurang lebih 200 delegasi dari 80 Negara yang tergabung dalam ICW, 1000 organisasi perempuan Indonesia dan para Duta Besar Negara sahabat serta Menteri-Menteri wanita Kabinet Kerja.

Pada General Assembly ICW ke-35 yang juga bertepatan dengan diperingatinya 130 tahun berdirinya ICW (tahun 1888), Indonesia melalui Kowani yang didukung sepenuhnya oleh Kementerian BUMN terpilih menjadi tuan rumah kegiatan GA ICW yang agenda acaranya antara lain memilih Presiden ICW yang baru.

Misi ICW antara lain ICW akan tetap memperjuangkan kemajuan perempuan dan mendukung program kegiatan UN-WOMEN CSW ke-62 tahun 2018 yaitu meningkatkan perekonomian perempuan dan anak di pedesaan.

ICW adalah bagian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang sangat concern terhadap pemberdayaan perempuan. Kowani adalah anggota ICW sejak tahun 1972. Selama ini sudah mendukung semua program kerja kegiatan ICW / UN Women dalam pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak melalui berbagai kegiatan.

Sebagai penutup rangkaian kegiatan, para peserta akan berkunjung ke Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Borobudur dan menginap di homestay yang tersebar di 20 Desa di Kabupaten Magelang. Balkondes (Balai Ekonomi Desa) merupakan sebuah program bentukan BUMN yang dimanfaatkan sebagai sebuah etalase bagi perekonomian daerah. Balkondes memberikan ruang bagi pemerintah desa maupun masyarakat untuk mengembangkan potensi ekonomi yang ada di desa. BUMN mendirikan Balkondes sebagai sebuah bentuk dukungan untuk menggenjot kunjungan wisatawan di Indonesia.

Hal ini sejalan dengan program yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia. Melalui Balkondes, masyarakat, khususnya desa, akan dipersiapkan untuk menyambut serta memberikan pelayanan maksimal bagi para wisatawan yang datang ke daerahnya. Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ini diharapkan akan memberikan dampak positif pada perbaikan ekonomi masyarakat sekitar. Kegiatan ini akan mempromosikan dan destinasi wisata di sekitar Borobudur dimana baik wisatawan lokal dan internasional dapat menginap di homestay dan menikmati suasana pedesaan sekaligus aktif dalam konservasi lingkungan melalui pengelolaan potensi ekonomi, warisan budaya, dan tradisi serta ekowisata (ecotourism) di Balkondes Borobudur.