Wakil Presiden Akan Buka Konferensi Sejarah Asia

Wakil Presiden Akan Buka Konferensi Sejarah Asia

Jakarta, 13 Juni 1974 – Tiga belas negara sudah menyatakan ikut serta dalam konferensi internasional mengenai Sejarah Asia ke-VI di Yogyakarta bulan Agustus mendatang, sementara tiga negara lainnya masih belum menyatakan ikut tidaknya.

Drs. AB. Lapian selaku ketua panitia penyelenggara menyatakan hari Rabu bahwa negara yang sudah pasti akat turut ialah Amerika, Jepang, Australia, Selandia Baru, Filipina, Malaysia, Singapura, Muangthai, India, Belanda, Inggris, Perancis, dan Jerman Barat.

Negara yang belum menyatakan kepastiannya untuk turut serta ialah Portugal, Republik Vietnam (Vietnam Selatan) dan Pakistan, demikian ditambahkan.

Konferensi ini diselenggarakan oleh Perhimpunan Internasional Ahli Sejarah Asia (Internastional Association of Historian of Asia) IAHA tanggal 26 Agustus sampai dengan 30 Agustus.
Menurut rencana konferensi internasional yang disponsori penyelenggaraannya oleh LIPI (lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan Depertemen P dan K ini akan dibuka oleh Wakil Presiden, demikian dijelaskan.

Konferensi semacam ini sudah pernah diselenggarakan di Manila (1960), Singapura (1961), Hongkong (1964), Kuala Lumpur (1969) dan Manila (1971), demikian Drs. Lapian. (SH/Ant)