Situasi Keamanan Jakarta Masih Merupakan Masalah

Situasi Keamanan Jakarta Masih Merupakan Masalah

Jakarta, 21 Juni 1974 – Kepala Staf Kopkamtib Laksamana Sudomo mengatakan Kamis bahwa situasi keamanan di kota besar di Indonesia khususnya Jakarta masih merupakan masalah.
Hal itu dikatakan Laksamana Sudomo selesai melaporkan situasi keamanan pada umumnya di seluruh Indonesia di Bina Graha.

Di Jakarta dikatakan perampokan, pencolengan dsb tercatat meningkat. Untuk itu dalam waktu singkat akan diadakan tindakan tegas karena itu tidak dapat ditolerir dan kalau perlu kita juga akan menembak di tempat.

Sudomo selanjutnya mengatakan masalah ini adalah masalah kota dengan urbanisasinya. “kota itu menarik untuk gelandangan dan karena mereka tidak punya pekerjaan sehingga mudah atau cepat menjurus kepada masalah kriminal”.

Langkah yang akan diambil khususnya terhadap gelandangan, kata Sudomo ialah penyaluran mereka dengan mentransmigrasikan ke luar kota Jakarta atau ke luar pulau Jawa dengan penyediaan lapangan kerja.
Atas pertanyaan Sudomo mengatakan ada juga kota lainnya yang mempunyai masalah yang sama dengan Jakarta tapi ia tidak menyebut kota mana.

Ia mengungkapkan ketika menghadapi konferensi PATA yang bulan lalu, gelandangan Jakarta telah dirazia sebanyak 3.000 orang. Diantaranya terdapat residivis 400 orang “langganan dari Komdak Metro Jaya” tapi mereka hanya mampu ditahan untuk selama 20 hari walaupun sudah diberikan karcis KA untuk kembali ke tempatnya masing-masing.

“Tapi setelah 3 hari datang lagi”, kata Sudomo “Ini bikin nggak aman Jakarta lagi”.
Ia membenarkan dalam waktu singkat akan diadakan razia terhadap gelandangan. (SH)