PT Penjaminan Jamkrindo Syariah Salurkann Zakat Perusahaan Lewat Baznas

PT Penjaminan Jamkrindo Syariah Salurkann Zakat Perusahaan Lewat Baznas

PT Penjaminan Jamkrindo Syariah menyalurkan zakat perusahaan lewat BAZNAS, di Panti Asuhan Muslimin Putra Jaya, Kayuputih Jakarta Timur (6/6). (SHNet/stevani elisabeth)

SHNet, Jakarta- PT Jaminan Jamkrindo Syariah menyalurkan zakat perusahaan lewat BAZNAS. Tahun ini perusahaan tersebut menyalurkan zakat perusahaan sebesar Rp100 juta untuk santunan kepada anak yatim dan program pengembangan kampung kreatif.

Penyaluran zakat perusahaan secara simbolis diberikan oleh Direktur Keuangan, SDM dan Umum PT Penjaminan Jamkrindo Syariah. Endang Sri Winarni kepada BAZNAS, di Panti Asuhan Muslimin Putra Jaya, Kayu Putih, Jakarta, Rabu (6/6).

Endang menjelaskan, sebagai lembaga keuangan syariah, PT. Penjaminan Jamkrindo Syariah mempunyai kebijakan untuk menyalurkan zakat perusahaan. Zakat tersebut didasarkan pada keuntungan yang dicapai. Selama tahun 2017, PT. Penjaminan Jamkrindo Syariah berhasil mencatatkan laba sebesar Rp 11.189.244.746,00 meningkat sebesar Rp 4.378.771.808,00 dari tahun sebelumnya yang berhasil mencetak laba sebesar Rp 6.810.472.938,00.

Dengan demikian zakat PT. Penjaminan Jamkrindo Syariah pada 2018 atas laba tahun 2017 adalah sebesar Rp 279.731.119,00. Zakat tersebut disalurkan melalui BAZNAS dan Lembaga Amil Zakat yang telah mendapatkan ijin sesuai ketentuan yang berlaku.

Menurutnya, perusahaan mempercayakan penyaluran zakat melalui Badan Amil Zakat atau Lembaga Amil Zakat karena menilai pengelolaannya yang profesional.

“Harapan kami, anak-anak panti bisa mendapatkan manfaat. Bagi kami sendiri, sebagai nilai ibadah sehingga dapat pahala dan memperlancar usaha kami,” kata Endang.

Sementara itu Mohan, Kepala Bagian (Kabag) Unit Pengelola Zakat (UPZ) BAZNAS menjelaskan potensi zakat umat sebenarnya sangat besar mencapai Rp 217 triliun per tahun. Tetapi karena pengelolaannya belum optimal, zakat yang berhasil dikumpulkan oleh berbagai lembaga zakat hanya sekitar Rp 6,2 triliun per tahun.

PT. Penjaminan Jamkrindo Syariah merupakan anak perusahaan BUMN (Perum Jamkrindo) yang bergerak di bidang usaha Penjaminan berbasis syariah. Perusahaan ini memiliki jaringan kerja dengan satu Kantor Pusat (Jakarta) 4 kantor cabang (Medan, Palembang, Bandung, Surabaya) dan 6 kantor unit pelayanan (Aceh, Semarang, Pontianak, Banjarmasin, Makasar, Mataram). (Stevani Elisabeth)