Produksi KUBE Bintan Sari Tembus Pasar Luar Negeri

Produksi KUBE Bintan Sari Tembus Pasar Luar Negeri

Kerupuk ikan produksi KUBE Bintan Sari tembus pasar Malaysia, Singapura dan Abu Dhabi. (Ist)

SHNet, Bintan- Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Bintan Sari dari Kabupaten Bintan perlu di acungkan jempol. Pasalnya hasil produksi KUBE ini, khususnya kerupuk ikan berhasil menembus pasar luar negeri.

Pimpinan KUBE Bintan Sari, Fauzani menceritakan, dia bersama dengan 10 anggotanya mendirikan KUBE Bintan Sari pada 1 April 2010.

Awalnya mereka memproduksi kerupuk ikan. “Kerupuk ikan yang kami produksi tidak menggunakan bahan pengawet apapun,” ujarnya, kemarin.

Ia mengaku, dalam menjalankan usaha kerupuk ikan ini, dia bersama anggotanya sempat mengalami masa naik turun terutama dalam hal memasarkan produk mereka. Bahkan sempat menurunkan semangat mereka.

“Alhamdulilah tak terasa KUBE Bintan Sari sudah 5 tahun berjalan. Omzet yang kami peroleh juga mampu menambah penghasilan keluarga,” kata Fauzani.

Hal ini tak lepas dari dukungan Dinas Sosial Kabupaten Bintan, Dekranasda dan pihak kelurahan yang memberikan masukan terkait kemasan dan label produk kuliner yang dipasarkan

Ketua Dekranasda Kabupaten Bintan Deby Maryanti mengapresiasi upaya yang dilakukan ibu-ibu di KUBE Bintan Sari.

“Saya melihat semangat yang dibangun ibu-ibu dalam membuat kerajinan kuliner yang mampu menjadi pemasukan tambahan keluarga. Seperti KUBE Bintan Sari yang mampu menghasilkan omzet bersih Rp 4 juta sebulan ” ujarnya. (Stevani Elisabeth)